Berita

Kenaikan Pangkat Siswa Sekolah Penerbang PSDP A-90

Dibaca: 134 Oleh 29 Jun 2016Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Kenaikan pangkat dalam suatu jenjang pendidikan terutama di organisasi TNI, merupakan suatu prestasi, sebab yang bersangkutan dianggap telah memenuhi syarat untuk dapat melanjutkan pada program pendidikan yang lebih tinggi. Kenaikan pangkat pada dasarnya merupakan pengakuan dari lembaga pendidikan.

Demikian sambutan Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE yang dibacakan oleh Danwingdikterbang Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama pada upacara kenaikan pangkat siswa Sekolah Penerbang Angkatan ke-90 /PSDP 29, dari Sersan Siswa ke Sersan Mayor Siswa yang digelar di halaman Mako Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, Selasa (28/6).

Sekolah Sekbang 90/ PSDP (Prajurit Sukarela Dinas Pendek) angkatan 29 dibuka pada tanggal 1 Februari 2014 di Lanud Adi Soemarmo. Selama menjalani pendidikan, Para perwira PSDP tersebut harus melalui tiga tahap pendidikan. Tahap pertama yang disebut Pendidikan Dasar Perwira (Dikmapa), dilaksanakan selama 6 bulan di Lanud Adi Soemarmo meliputi latihan dasar kemiliteran dan keperwiraan.

Setelah lulus tahap pendidikan para siswa mendapat pangkat Kopral Siswa (Kopsis). Selanjutnya para Kopsis akan melaksanakan pendidikan Terbang di Sekolah Penerbang di Lanud Adisutjipto selama kurang lebih 23 bulan. Dalam kurun waktu tersebut para siswa akan melaksanakan fase bina kelas (groundschool) tentang teori atau materi penerbangan dan KIBI (Kursus Intensif Bahasa Inggris), serta diikuti dengan pelatihan Survival dan Terjun.

Baca juga:  Donor Darah di Lanud Tarakan

Setelah lulus mengikuti groundschool para siswa Sekbang PSDP akan menjalani fase Bina Terbang yang terdiri dari fase Latih Dasar dengan pesawat Grob G-120 TP A hingga mengantongi 86 jam terbang dan 8 jam terbang solo. Lulus dari fase ini siswa akan naik pangkat menjadi Sersan Siswa. Fase berikutnya adalah Latih Lanjut dimana para siswa akan dibagi kedalam 3 jurusan sesuai tipe pesawat yaitu Tempur, Angkut dan Heli. Selesai mengikuti fase Latih Lanjut para siswa akan naik pangkat menjadi Sersan Mayor Siswa (Sermasis).

Upacara kenaikan pangkat selain diikuti oleh segenap siswa Sekolah Penerbang Angkatan ke-90/PSDP, juga diikuti oleh Dansatdik PSDP Letnan Kolonel Pnb Alvian, Para Komandan Skadik dan segenap instruktur Penerbang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel