Berita

KENANG PERISTIWA HEROIK 29 JULI 1947 LANUD PADANG GELAR UPACARA HARI BAKTI

Dibaca: 23 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Dalam rangka mengenang peristiwa heroik yang dilakukan oleh pelopor AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) dan musibah jatuhnya pesawat VT-CLA pada tanggal 29 Juli 1947, Lanud Padang Sumatera-Barat menggelar upacara peringatan ke-65 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, Minggu (29/7). Dua peristiwa yang patut di kenang saat itu yang terjadi yaitu serangan udara pertama kali oleh para kadet udara di wilayah pertahanan Belada di kota Semarang. Dan pada sore harinya, Angkatan Udara Republik lndonesia khususnya dan bangsa lndonesia umumnya diliputi suasana duka yangmendalam, sebab pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan sumbangan Palang Merah Malaya untuk Palang Merah lndonesia, menjadi sasaran 2 pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda.

Kemudian pesawat jatuh badan terbelah dan semua muatan yang ada di dalam pesawat berserekan area persawahan Desa Ngoto 3 km selatan Pangkalan Maguwo (Sekarang Lanud Adi Sutijipto Yogyakarta). Untuk mengenang dan mengabadikan peristiwa tersebut, sejak 29 Juli 1955 diperingati sebagai “Hari Berkabung’AURl. Namun mulai 29 Juli 1962 diubah menjadi Hari Bakti TNI AU yang sejak saat itu seluruh warga TNIAU memperingatinya secara terpusat dipangkalan TNI AU Adisutjipto.Sedangkan tempat jatuhnya pesawat dibangun sebuah monumen yang diberi nama Monumen Ngoto, dan sejak 17 Juli 2000 menjadi Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara”.

Danlanud Padang Letkol Pnb Fairlayantom ST bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dalam kesempatan yang sama juga bacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara. Kasau dalam amanatnya mengatakan peringatan hari Bakti TNI AU kali ini di harapkan dapat memberikan makna positif bagi kelanjutan dan masa depan perjalanan dan pengabdian TNI AU sebagai alat pertahanan Negara di udara. Selain itu bagi TNI AU, peringatan Hari Bakti tidak sekedar kegiatan seremonial belaka, namun selalui dimaknai sebagai starting point peningkatan pengabdian TNI AU kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Kadis Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Padang. Tampak pula undangan lainya seperti Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 14/DI Lanud Padang, dan anggota Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Padang.

Baca juga:  DANLANUD SUPADIO RESMIKAN RENOVASI KANTOR PIA AG

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel