Berita

Kepala Dinas Operasi Lanud Zam Hadiri Acara Ground Breaking Pekerjaan Peningkatan Daya Perpanjangan Runway Bandara Internasional Lombok

Dibaca: 23 Oleh 27 Nov 2020Tidak ada komentar
Kepala Dinas Operasi Lanud ZAM Hadiri Acara Ground Breaking Pekerjaan Peningkatan Daya Perpanjangan Runway Bandara Internasional Lombok ZAM
#TNIAU 

TNI AU. Kepada Dinas Operasi Lanud Zam Mayor Lek Anggoro Budy Mulya, S.S.T., menghadiri acara Ground Breaking Pekerjaan Peningkatan Daya Dukung Perkerasan Runway Eksisting dan Perpanjangan Runway serta sarana penunjangnya di Bandara Internasional Lombok Zam, Kamis (26/11/2020).

Acara ini dilaksanakan di ruang rapat Mandalika PT. Angkasa Pura I dan di lanjutkan ke lokasi perpanjangan runway area airside. Dalam acara ini turut hadir langsung  General Manager Angkasa Pura I Nugroho Jati, kepala BMKG Bandara Lombok, General Manager Perum LPPNPI Cabang Lombok, dan staf Angkasa Pura Lainnya.

PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan perpanjangan dan pengerasan landas pacu  Bandara Lombok Praya, sebagai dukungan untuk mengembangkan pariwisata Mandalika dan penyelenggaraan Moto GP 2021. Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyebutkan, Bandara Lombok Praya yang awalnya memiliki runway 2.750 meter diperpanjang menjadi 3.300 meter dan pengerasan ditingkatkan dengan nilai pavement classification number (PCN) dari 56 menjadi 64.

Dengan melakukan penambahan runway dan tingkat PCN di Bandara Lombok Praya, dapat mendukung operasional pesawat wide body sekelas B377 dan kargo peserta MotoGP. Nantinya total luas terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi, bertambah 19.378 meter persegi dari luas awal 24.123 dengan kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun dari kapasitas awal 3,5 juta penumpang per tahun.

Baca juga:  Satgas Pamrahwan Yonko 462 Paskhas Pos Bandara Enarotali Hadiri Apel Gabungan Di Kabupaten Paniai

Apron seluas 136.300 meter persegi, maka apron dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, juga melakukan pengembangan fasilitas kargo dan pembangunan waving gallery serta perluasan parkir penumpang. Fasilitas kargo yang dikembangkan yaitu pembuatan jalan akses kargo sepanjang 1.500 meter dan perluasan pelataran kargo menjadi 6.000 meter persegi dari 3.566 meter persegi. Semua ini diproyeksikan dapat beroperasi pada Juli 2021

Angkasa Pura I sangat mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 dan pengembangan pariwisata Lombok secara umum melalui pengembangan kapasitas Bandara Lombok menjadi pintu gerbang bagi turis internasional, nantinya ketika penerbangan internasional sudah dibuka, dan turis domestic.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel