Berita

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Buka Pelatihan PITC

Dibaca: 15 Oleh 17 Mar 2014Tidak ada komentar
Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Buka Pelatihan PITC
#TNIAU 

Pelatihan PITC dan Peer Leader Puskes TNI dibuka oleh Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsekal Pertama dr. Benny H Tumbelaka. Sp.OT.,MH.Kes.,Sp.KP.,MARS. Senin (17/3). Bertempat di Hotel Santika Yogyakarta, Ka RSPAU mewakili Kapuskes TNI Letnan Jederal Daniel Tjen. Sp.S membuka pelatihan yang rencananya akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 17 hingga 20 Maret 2014. Hadir dalam pembukaan Pelatihan tersebut sekertaris KPA Yogyakarta, perwakilan FHI 360 Bpk.Hendri Putranto, dari ODC Ibu Vini, perwakilan dari tiga angkatan di DIY, perwakilan dari kementrian pertahanan Amerika Serikat Jhon Angelo dan instruktur Peer Leader dan PITC. 

Acara diawali dengan pembukaan dan penyematan tanda peserta oleh Ka RSPAU Marsma dr. Benny kepada perwakilan peserta. Dalam sambutannya sekertaris KPA DIY menyampaikan tugas dan fungsi KPA DIY adalah memfasilitasi KPA Kabupaten dan Kota dalam penanggulangan HIV/AIDS di D.I Yogyakarta. 

“Epidemi HIV/AIDS di DIY mulai tahun 1988 hingga 2014 telah sampai pada angka 2442 ribu yang sudah terpapar HIV/AIDS “, tambah Sekertaris KPA DIY. Kapuskes TNI dalam sambutannya yang dibacakan Ka RSPAu Marsma dr. Benny menyampaikan TNI sebagai salah satu sub populasi dari penduduk Indonesia tentu tidak terlepas dari permasalahan yang ada. Kasus HIV/AIDS di lingkungan TNI dari tahun ke tahun juga terus meningkat. Kasusu HIV/AIDS di Lingkungan TNI hingga Desember 2013 tercatat 1136 Kasus dimana 309 diantaranya telah meninggal dunia. 

Baca juga:  Wara dan PNS Putri Makoopsau I Cegah dan Deteksi Dini Kanker Serviks

“Peningkatan kasus tersebut bila tidak ditangani secara komprehensif sudah pasti akan berpengaruh terhadap kesiapan TNI dalam melaksankan tugas operasi militer perang ( OMP ) dan Operasi Militer Selain Perang ( OMSP )”, tambah Kapuskes. 

Menurut Koordinator pelaksana Letkol Kes Wasiludin di tengah-tengah acara berlangsung menyampaikan bahwa Pelatihan peer Leader dan PITC yang dilaksanakan secara bersamaan adalah merupakan uji coba yang pertama, harapannya kita akan ada link yang kuat dari para peer Leader sebagai ujung tombak pencegahan dengan tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan untuk memberikan tatalaksana kasus HIV/AIDS yang komprehensif. Pelatihan kali ini di ikuti oleh Tiga Angkatan TNI AD, AL dan AU. Untuk pelatihan Peer Leader peserta terdiri dari TNI AU 10 Orang, TNI AD 10 Orang dan TNI AL 5 Orang sedangkan Pelatihan PITC di ikuti oleh TNI AU 10 Orang dan TNI AD 16 Orang. Dok RSPAU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel