Berita

KEPALA STAF KOOPSAU II PIMPIN UPACARA HUT KE-67 TNI AU DI MAKASSAR

Dibaca: 20 Oleh 10 Apr 2013Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Makassar (9/4). Upacara parade memperingati hari jadi ke-67 TNI Angkatan Udara, di kota Makassar, Sulawesi Selatan, dilaksanakan pada hari Selasa 9 April 2013 di Appron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, dalam suasana sederhana namun penuh khidmat. Upacara yang melibatkan lebih dari 650 prajurit TNI AU, yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS ikut ambil bagian dalam pasukan Parade, dihadiri para pejabat Muspida Sulawesi Selatan, pejabat TNI/Polri, pejabat pemerintah daerah Kabupaten Maros sulawesi Selatan, serta para Purnawirawan dan Warakawuri. 

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Staf Komando Operasi TNI AU II Marsma TNI A. Dwi Putranto, sementara Pangkoopsau II menghadiri peringatan HUT AU di Mabesau, Jakarta. Bertindak sebagai Komandan upacara Letkol Pom Jevri Bungara, Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1996. Untuk komposisi pasukan, terdiri dari tiga Batalyon, masing-masing Batalyon I, terdiri dari 1 Kompi Pamen gabungan dan Satu kompi Pama gabungan, Batalyon II, terdiri 1 Kompi Bintara/Tamtama Pomau gabungan, 1 Kompi Bintara/Tamtama Lanud Sultan Hasanudin (Air Crew) dan 1 kompi Batalyon 466 Paskhas. Untuk Batalyon III, terdiri dari 1 Kompi Bintara/Tamtama Lanud Sultan Hasanuddin, 1 Kompi Bintara/Tamtama gabungan Koopsau II dan Kosekhanudnas II, serta 1 kompi PNS gabungan.

Baca juga:  Lanud Supadio Laksanakan Upacara 17-an

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono ,SE dalam Amanat tertulis yang dibacakan Inspektur Upacara (Irup) Marsma TNI A. Dwi Putranto, mengatakan bahwa ”profesionalisme dan dedikasi dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus terus ditumbuh kembangkan seiring dengan meningkatnya alutsista, baik secara kuantitas maupun kualitas, karena kita pahami bahwa dewasa ini dan ke depan, “wilayah udara” bukan lagi teritorial kosong yang tanpa makna, akan tetapi menjadi salah satu wilayah perebutan kepentingan, baik dari aspek politik global, ekonomi maupun pertahanan, dengan menonjolkan kemajuan teknologi, yang telah menggejala dan berkembang dari masa ke masa, power politic tampaknya masih menjadi isu yang menonjol dalam perkembangan global, dan penggunaan instrumen militer merupakan alat politik kekuatan bagi kepentingan diplomasi dan kepentingan mengangkat posisi tawar dalam penyelesian masalah-Masalah bilateral atau internasional”. Demikian tegas Panglima TNI.

Sementara Ketua Panitia HUT ke-67 TNI AU di Makassar, Letkol Pnb Arifaini Nur Dwiyanto, mengatakan bahwa pelaksanaan upacara parade ini merupakan puncak rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun ke-67 Angkatan Udara, setelah sebelumnya melaksanakan kegiatan pekan disiplin, bakti sosial berupa donor darah pada tanggal 3 April 2013 di Makoopsau II, olah raga bersama, penanaman ratusan pohon, serta ziarah rombongan ke taman makam pahlawan Panaikkang Makassar pada tanggal 8 April 2012. Peringatan kali ini tidak dilaksanakan acara tambahan berupa demo udara karena sebagian besar pesawat tempur yang bermarkas di Lanud Sultan Hasanuddin mendukung kegiatan HUT TNI AU di Jakarta. Usai upacara Parade, seluruh prajurit dan PNS TNI AU mengikuti acara syukuran yang dilaksanakan di gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanudin. (Penkoopsau II/2013).

Baca juga:  ANGGOTA LANUD ABD PRAKTEK KETAHANAN PANGAN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel