Berita

Kerahkan pesawat Sukhoi Su-27/30, F-16 dan F-5,

Dibaca: 4 Oleh 07 Jul 2011Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

KOOPSAU II GELAR LATIHAN SIKATAN DAYA 2011

Latihan puncak Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II bersandi Sikatan Daya 2011, digelar hari ini (Kamis 7/7). Latihan yang akan berlangsung hingga dua hari kedepan dan dilanjutkan pada tanggal 16 s/d 19 Juli mendatang, di buka Pangkoopsau II Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agus Munandar, dalam suatu upacara militer yang ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan, di Makoopsau II, Makassar. Ikut hadir para Asisten dan pejabat Koopsau II, perwakilan pelaku serta pendukung latihan lainnya.

Latihan yang melibatkan ratusan personel dan belasan pesawat dari Lanud jajaran Koopsau II, seperti Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, Lanud Iswahjudi, Madiun serta Lanud Abdulrachman Saleh, Malang ini, dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yang dilaksanakan hari ini, (Kamis 7/7) berupa latihan Pos Komando (Latposko) secara teleconference di satuan masing-masing. Pada tanggal 16 juli dilanjutkan dengan kegiatan Tactical Air Manouvering Game (TAMG) di Markas Komando Operasi Angkatan Udara II, Makassar. Dan pada tanggal 18-19, dilaksanakan manuver lapangan berupa penembakan di AWR (Air Weapon Range) Pandan Wangi, Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga:  Kurve Bersama, Wujudkan Lanud Adisutjipto Green and Clean

Untuk kegiatan penembakan, akan di kerahkan pesawat tempur Sukhoi Su-27/30, F-16 fighting falcon dan F-5 Tiger. Ketiga pesawat tempur ini akan melaksanakan penembakan udara ke darat dengan menggunakan bom maupun roket. Khusus bagi pesawat Sukhoi, latihan ini menjadi ajang pembuktian kecanggihan pesawat ini, sekaligus kepiawaian para penerbang Angkatan Udara, mengingat dalam latihan ini Sukhoi juga akan dipersenjatai dengan amunisi yang sesungguhnya, baik bom maupun roket.

latihan yang bertema “Melalui latihan Sikatan Daya 2011 kita tingkatkan kesiapan operasi satuan jajaran Koopsau II guna keberhasilan tugas pokok TNI dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI” kali ini, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel dan satuan jajaran Koopsau II. Sementara sasarannya adalah menguji doktrin, bujuk, dan protap, serta diperolehnya masukan tentang kekurangan dalam pembinaan satuan. Bertindak sebagai Pemimpin Umum latihan Pangkoopsau II Marsda TNI R. Agus Munandar, sementara Direktur Latihan adalah Kaskoopsau II Marsma TNI Tri Budi Satriyo, S.IP, MM.

Selain pesawat-pesawat tempur, dalam latihan kali ini juga dikerahkan unsur angkut dan intai, seperti pesawat C-130 Hercules, Boeing 737 Surveilance dan C-212 Cassa dan Helikopter SAR. Untuk pasukan dilibatkan personel Paskhas Batalyon 464 dari Wing 2 Paskhas Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Demikian Pen Koopsau II menginformasikan.

Baca juga:  52 Casis Bintara Wara Lanud Rsn  ikuti Tes Samapta

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel