Berita

Kesamaptaan Prima Andil Besar Keberhasilan Tugas Satuan

Dibaca: 4 Oleh 16 Des 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Secara umum olahraga dapat diartikan sebagai suatu pergerakan tubuh secara teratur dengan tujuan untuk memberikan efek samping pada tubuh secara utuh. Dengan berolahraga secara teratur maka dapat membantu merangsang otot dan bagian tubuh lainnya berfungsi secara baik. Menurut para pakar kesehatan bahwa dengan berolahraga secara teratur maka akan dapat meningkatkan kemampuan energi dan menambah serotonim dalam otak. Serotonin ini merupakan hormon didalam otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas otak yang mencakup pengaturan stabilitas emosi, nafsu makan dan pemahaman. Seseorang yang berolahraga cukup setiap minggu maka akan menemukan produksifitas menjadi meningkat. Produksi ini tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik namun juga dapat memberikan kontribusi kepada suasana yang bahagia saat bekerja.

Fungsi bagian-bagian tubuh manusia dapat diilustrasikan seperti halnya sebuah mesin, apabila kurang bergerak maka tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga maka tidak hanya otot yang terlatih, namun sirkulasi darah dan oksigen akan menjadi lancar, sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Tubuh akan terasa lebih segar, dan otak sebagai pusat saraf akan menjadi lebih normal.

Baca juga:  DETASEMEN MATRA 2 PASKHAS LAKSANAKAN UJI TERAMPIL PERORANGAN TA. 2014

Dengan berolahraga secara teratur akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dalam hal ini sel darah akan mengatur pembentukan sel-sel baru sehingga tubuh akan mengeluarkan sel yang tidak terpakai melalui keringat dan saluran pembuangan yang lain menjadi lebih lancar. Hormon yang memproduksi rasa nyaman menjadi meningkat, dan membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sangat dianjurkan terutama bagi orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik agar melakukan olahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur maka beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh akan didapatkan, diantaranya dapat membantu mengendalikan berat badan, untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, dapat membantu tidur lebih sehat, mengurangi stress, meningkatkan kesehatan fisik, memperkuat tulang, mencegah gangguan metabolisme, membuat awet muda, meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh dan dapat juga meningkatkan performance seksual. Dan menurut para ahli juga dikatan bahwa apabila tubuh kurang berolahraga maka bisa dikategorikan sebagai suatu penyakit yang dapat mendatangkan berbagai resiko bagi kesehatan, seperti hipertensi, sakit jantung, osteoporosis, diabetes, depresi, dll.

Baca juga:  HARI IBU SEBAGAI HARI KEBANGKITAN DAN PERSATUAN PERJUANGAN BANGSA

Untuk itu, luangkan waktu berolahraga secara teratur, minimal 15 menit tiap hari seperti jalan kaki, lari, berenang, dll. Jadikan olahraga menjadi salah satu hobi karena didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Berolahraga dengan teratur akan memiliki efek positif baik secara fisik maupun ragawi, psikis maupun mental terhadap kesehatan yaitu kesadaran menerapkan pola hidup sehat. Sedang berkaitan dengan dunia militer, dimana setiap personil dituntut memiliki kesamaptaan prima karena tingkat kesamaptaan personil akan berpengaruh terhadap kualitas keberhasilan pelaksanaan setiap tugas yang diemban dan merupakan andil besar bagi keberhasilan tugas satuan. Demikian tegas Komandan Lanud (Danlanud) Palembang, Letkol Pnb. Sapuan, S.Sos. pada apel pagi, Selasa (16/12) di lapangan apel Mako Lanud yang dilanjutkan dengan lari dipimpin langsung oleh Danlanud.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel