Berita

Ketua DPR RI : Peran Strategis TNI Bangun Nation and Character Building

Dibaca: 1 Oleh 29 Jun 2021Tidak ada komentar
Ketua DPR RI : Peran Strategis TNI Bangun Nation And Character Building
#TNIAU 

TNI AU. SESKOAU, LEMBANG. TNI sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan negara memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun Nation and Character Building, yaitu membangun kebersamaan yang dapat memberikan rasa cinta pada tanah air, yang memberikan rasa percaya diri sebagai bangsa, serta yang memberikan kesanggupan untuk berdikari dalam membangun kemajuan bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani saat memberikan ceramah pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-58 TP 2021 yang didampingi Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dan Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang, Bandung, Senin (28/06/2021).

Indonesia sebagai negara yang berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa, terdiri 714 suku bangsa dan 1100 bahasa yang berbeda tersebar di 17.000 pulau mengintegrasi beragam masyarakat menjadi satu bangsa.

“Itu semua dapat dilakukan hanya karena Indonesia memiliki konsepsi nilai luhur bersama yang menjadi jati diri bangsa Indonesia, yaitu Pancasila,” tegasnya.

Baca juga:  Komandan Lanud Maimun Saleh Beserta Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 16/Daerah I Lanud Maimun Saleh melaksanakan Vicon (Video Conference).

Inilah tugas kebudayaan TNI, lanjutnya, yaitu membangun budaya toleran, budaya gotong royong, serta memperkuat kesadaran anak bangsa bahwa Indonesia dipersatukan oleh Pancasila.

Untuk itulah, pungkasnya, membangun prajurit TNI khususnya TNI Angkatan Udara yang handal perlu terus dilakukan baik melalui pendidikan, penugasan lapangan, maupun kegiatan khusus untuk dapat meningkatkan profesionalitas, menguasai teknologi, maupun berpikir strategis, dan berjiwa Pancasila.

Ceramah pembekalan yang bertemakan “Pembangunan Karakter Bangsa Dalam Menghadapi Arus Globalisasi” Ketua DPR RI mengutip pernyataan Presiden Soekarno saat HUT AURI Tahun 1955 yang mengatakan “Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern.”

Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi Pasis Seskoau Angkatan ke-58 melalui pendidikan di Seskoau ini untuk dapat menggali berbagai strategi geopolitik, strategi diplomasi negara industri alutsista, kekuatan dan potensi nasional yang diperlukan untuk membangun pertahanan negara matra udara yang kuat.

Karena menurut Dr. (H.C.) Puan Maharani, Seskoau sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Udara memiliki peran strategis dalam mempersiapkan think tank dan pusat pemikiran strategis Angkatan Udara.

Baca juga:  Air Show Di Lanud Sim

Setelah ceramah pembekalan selesai, Komandan Seskoau berkesempatan memberikan cinderamata berupa jaket Seskoau dan lukisan Ibu Dr. (H.C.) Puan Maharani, kemudian Kasau memberikan buku Indonesian Air Force in Pictures dan miniatur pesawat Sukhoi, serta cinderamata dari Pasis Seskoau Angkatan ke-58.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto, Anggota Komisi I DPR RI Irine Yusiana, Staf Khusus DPR RI Laksda TNI (Purn) Willem Rampangilei, Aspers Kasau Marsda TNI Elianto Susetio, S.I.P., M.Si., Kadisdikau Marsma TNI Paminto Bambang Pamungkas, S.I.P., Anggota DPR RI Mayjen TNI (Purn) Sturman Pandjaitan, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Puspadewi, Plt. Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan dan seluruh civitas academica Seskoau

Ketua DPR RI : Peran Strategis TNI Bangun Nation And Character Building

Ketua DPR RI : Peran Strategis TNI Bangun Nation And Character Building

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel