Berita

Ketua Panwaslu Kota Banjarbaru Disandera

Dibaca: 46 Oleh 01 Mar 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Mobil yang membawa Ketua Panwaslu Banjarbaru yang melintas di Jalan Trikora tiba-tiba dicegat oleh orang tak dikenal. Para pelaku yang berjumlah tiga orang tersebut kemudian langsung menyandera Sang Ketua Panwas.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Machfud Arifin yang mendapat laporan dari Kapolres Banjarbaru AKBP Riko Sunarko segera memerintahkan Satuan Lawan Teror Sat Brimob untuk menyelamatkan sandera. Negosiasi yang alot terjadi dalam upaya penyelamatan tersebut. Para penyandera enggan melepaskan sandera. Mereka meminta tuntutannya, yakni hasil pemilu dibatalkan. Setelah proses negosiasi tidak berhasil, pasukan bersenjata lengkap yang menemui para penyandera akhirnya melumpuhkan pelaku. Seusai lepas dari tangan penyandera, Ketua Panwaslu langsung dilarikan ke rumah sakit Banjarbaru menggunakan kendaraan Barracuda untuk mendapatkan pertolongan karena luka yang diderita.

Aksi penyelamatan sandera tersebut merupakan rangkaian dari simulasi Pelatihan Pra Operasi Mantap Brata Intan 2014 Dalam Menghadapi Pengamanan Pemilu yang digelar di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Jumat (28/2). Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., beserta satu SST pasukan dari Lanud Sjamsudin Noor turut hadir di lapangan Murjani untuk mengikuti acara simulasi pengamanan Pemilu tahun 2014 tersebut. Sebelumnya acara dimulai dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Selatan Brigjend Pol Drs. Machfud Arifin, SH., dengan peserta upacara gabungan dari satuan TNI/Polri wilayah kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Baca juga:  Exit Briefing Wasrikkap Koopsau III di Lanud Yohanis Kapiyau Timika

Simulasi dilakukan dengan skenario seperti kejadian pengamanan capres-cawapres, pengamanan dan penyelesaian masalah saat perhitungan di TPS, pengamanan dan pengawalan kotak suara dari TPS ke KPU hingga skenario pembubaran massa pengunjuk rasa yang anarkis saat menyampaikan orasi didepan kantor KPU Kalsel. Simulasi tersebut juga dilakukan sebagai persiapan pengamanan pemilu yang tinggal 40 hari. Dengan tujuan agar para anggota dilapangan mempunyai bekal bagaimana menghadapi situasi sebenarnya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dengan harapan agar pelaksanaan pemilu 9 April nanti berjalan aman dan lancar serta Polri dibackup TNI dan Linmas siap mengamankan Pemilu 2014. “Kita minta masyarakat Kalsel untuk bersama-sama menciptakan situasi aman dan tertib agar pemilu damai yang didambakan dapat terwujud di Banua yang kita cintai ini,” pungkas Kapolda Kalsel.

Turut hadir pada acara simulasi tersebut Setda Prov Kalsel Muhammad Arsyadi, Danrem 101/Ant Kolonel Inf Suharjono, S.IP., Dirpolairud Banjarmasin Kombes Pol Deny Pudjianto, SIK. MH., Kasat Brimobda Kalsel Kombes Pol A.W. Kolopaking, Danlanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Dato Rusman SN., serta diikuti oleh para pejabat jajaran Polda Kalsel, para unsur FKPD Tingkat I dan Tingkat II Prov Kalsel dan para unsur KPU maupun Bawaslu Kalsel serta para undangan lainnya.

Baca juga:  Pengurus PIA Ardhya Garini Olahraga Bowling

Acara diakhiri dengan berfoto bersama dengan memegang spanduk bertuliskan “Kami Siap Mengamankan Pemilu 2014”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel