Berita

Ketua PIA AG Lanud Sim: Peran Ibu Sangat Penting Bagi Anak-Anak

Dibaca: 45 Oleh 20 Mar 2019Tidak ada komentar
Ketua PIA AG Lanud Sim: Peran Ibu Sangat Penting Bagi Anak-Anak
#TNIAU 

TNI AU.  Setiap ibu tentunya menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi mandiri dan cerdas, hal ini yang mendorong untuk mampu berperan sebagai Ibu, Sahabat dan Pelindung yang selalu berada dekat anak-anaknya. Berperan sebagai Ibu, pastinya merawat, mendididk dan mengarahkan buah hati pada hal yang positif sesuai perkembangan anak setiap tahunnya, sedangnya sebagai sahabat mampu memposisikan diri untuk berbagi cerita, pengalaman, bertukar pikiran dan mencurahkan isi hati yang dialami anak, kemudian sebagai pelindung dimana seorang anak membutuhkan rasa aman, nyaman dan tenang.

“Inilah sebagai kecil pentingnya peran seorang ibu bagi anak-anak dalam membantu proses pertumbuhan, perkembangan emosional, menjaga kesehatan, mengenal siapa dirinya dan lingkungannya,” ujar Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Rini Hendro Arief saat membuka arisan bulanan di VIP Room Lanud Sultan Iskandar Muda. Selasa (19/3). Mengenai kesehatan, lanjutnya, penting bagi ibu-ibu untuk memberikan imunisasi dasar kepada buah hati seperti imunisasi hepatitis B, BCG, DPT-Hepatitis B, Polio dan Campak. Hal ini dirasa penting guna mencegah berbagai penyakit menyerang anak-anak mengingat sekarang ini perkembangan virus dan bakteri yang bervariasi.

Baca juga:  Final Bola Antar Pemukiman Lanud Suryadarma Meriahkan HUT RI ke-72

Oleh karena itu, dalam arisan kali ini turut mengundang dr. Mayasari dan Bidan Masyitha dari Puskesmas Blang Bintang, Aceh Besar yang memberikan ceramah terkait imunisasi dan stunting anak-anak. Imunisasi merupakan upaya memperoleh kekebalan tubuh secara buatan melalui pemberian kuman hidup yang dilemahkan atau bagian tubuh dari kuman untuk membentuk antibodi. “Pelindungan anak terhadap penyakit tertentu dapat dicegah dengan pemberian imunisasi, sehingga angka kejadian penyakit tersebut dapat dikurangi, dan diharapkan dapat membasmi penyakit tersebut secara menyeluruh,” kata dr Mayasari. Di Indonesia, katanya, setiap bayi di bawah umur satu tahun harus mendapatkan imunisasi dasar lengkap seperti disampaikan Ny. Rini Hendro Arief sebelumnya. Dengan memberikan imunisasi pada anak-anak, maka membantu untuk tidak memyebarkan penyakit, virus atau bakteri di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya mengenai stunting pada anak dengan kondisi anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. “Banyak yang tak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah pertumbuhan si kecil,” katanya apalagi jika stunting dialami anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Hal ini, menurutnya, harus segera ditangani dengan cepat dan tepat karena stunting merupakan kejadian yang tidak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi. Disarankan para orang tua secara bijak memberikan asupan gizi yang baik dan lengkap dalam mendukung proses pertumbuhan anak ditambah asupan ASI dan MPASI yag bergizi serta berkualitas.

Baca juga:  Lanud Wiriadinata Peringati HUT Wara Ke 57

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan posyandu berupa pengukuran berat badan, tinggi badan, skala gizi sesuai umur anak dilanjutkan sharing perkembangan anak untuk memantau tumbuh kembang anak.

Berita Gambar :

  1. Pelaksanaan posyandu PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda.
  2. Ketua PIA AG Cabang 20/D. I Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Rini Hendro Arief mendampingi anak yang sedang diukur lingkar kepala.
  3. dr.  Mayasari memberikan ceramah tentang imunisasi dan stunting pada anak. (Foto Pen Lanud SIM).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel