Berita

Ketua PIA Lanud Husein; “Keluarga Benteng Utama Pencegah Narkoba”

Dibaca: 6 Oleh 11 Agu 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Upaya pemberantasan narkoba sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja dan dewasa, bahkan anak – anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak – anak adalah pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba. Demikian sepenggal amanat singkat yang disampaikan oleh Ketua PIA Ardhya Garini, Cabang 4/D.I Lanud Husein Sastranegara, Ny. Ardhi Tjahjoko didepan para pengurus dan anggota PIA Lanud Husein saat pertemuan rutin di Wisma Muladi Komplek Lanud Husein, (11/08).

Hal serupa juga disampaikan oleh Rahmat Mintoro SH, M. Hum dari BNN Provinsi Jabar saat memberikan ceramah pencegahan narkoba didepan ibu-ibu PIA, dalam ceramahnya disampaikan bahwa adanya korban narkoba dalam keluarga sering menjadi masalah dalam keluarga itu sendiri bahkan dapat menimbulkan penderitaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar penyalahgunaan narkoba dari keluarga yang tidak sehat dan tidak bahagia ( broken home ). Sebaliknya, suatu keluarga yang sejahtera yang diliputi suasana yang serasi, selaras dan seimbang, dimana anak – anak didik dapat tumbuh dan berkembang fisik, mental dan sosialnya secara optimal merupakan benteng yang kokoh untuk mengatasi dan menanggulangi ancaman dan gangguan, termasuk penanggulangan masalah narkoba.

Baca juga:  Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI Angkatan Udara di Lanud Jayapura

Pengalaman membuktikan bahwa kelompok orang tua, apabila digerakan dan diberikan pengetahuan, keterampilan, dukungan dan bantuan, bisa menjadi mitra masyarakat yang paling aktif dalam pencegahan bahaya narkoba.

Keluarga sebagai unit kecil dalam masyarakat merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak – anak dari masalah narkoba. Pencegahan penyelahgunaan narkoba seharusnya dimulai dalam keluarga. Keluarga yang sejahtera dengan penuh kasih sayang sebetulnya sudah melaksanakan pencegahan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel