Berita

Kita Harus Jeli Melihat Segala Sesuatu Yang Telah Diisyaratkan Oleh Allah

Dibaca: 24 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Sholat Idul Adha 1431 H dilaksanakan di lapangan upacara Depo Pemeliharaan 10 Lanud Husein Sastranegara, Rabu (17/11). Diikuti oleh kurang lebih 2000 jemaah dari keluarga besar Lanud Husein S., beserta insub dan warga sekitar pangkalan, sholat Ied dimulai tepat pukul 07.00 WIB.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Husein S., Kolonel Penerbang Asep Adang Supriyadi menyatakan sebagai umat islam, kita harus jeli melihat segala sesuatu yang telah disyaratkan oleh Allah.Apa yang diperintah dan dilarang oleh Allah pasti mengandung hikmah dan manfaaat yang besar bagi manusia. Seperti halnya hari raya Idul Adha saat ini, ada dua manfaat yang terkandung didalamnya, yaitu aspek pribadi dan aspek social. Secara individu, berkurban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan kepada sang pencipta Allah SWT. Secara social berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pengertian berkurban tidak selamanya dengan menyembelih hewan. Menyembelih hewan hanyalah sekedar lambang dari pengorbanan. Jadi hakekat pengorbanan adalah mengorbankan apa-apa yang paling dicintainya untuk kepentingan masyarakat Islam.

Bertindak selaku Imam dan Khatib pada sholat ied kali ini Drs. H. Muhyidin Firdaus , dari MUI Kota Bandung. Dalam ceramahnya beliau membahas bahwasanya seorang mumin tidak merasa cukup hanya dirinya yang menjalankan perintah Allah dan membiarkan orang lain tidak menjalankannya. Semangat inilah yang mendorong seorang mukmin melakukan amar ma’ ruf nahyi mungkar, karena tidak ingin saudaranya terjerumus kepada larangan Allah .

Amar ma’ ruf dan nahyi mungkar menjadi tugas kolektif, sesuai dengan kapasitas dan posisi di wilayahnya masing-masing. Maka orang yang menjalankan ketentuan Allah dan yang melanggarnya adalah tanggun jawab masing-masing individu.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha Danlanud Husein S., menyerakan hewan kurban kepada panitiya kurban, yang selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Pada tahun ini Lanud Husein S., menerima 29 hewan kurban yang terdi dari 4 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

Baca juga:  KOMANDAN DEPO PEMELIHARAAN 10 BUKA DIKKUALSUS SUSPA ENGHAR

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel