Berita

Kita Indonesia, Kita Pancasila

Dibaca: 236 Oleh 01 Jun 2019Juni 11th, 2019Tidak ada komentar
penghormatan_2
#TNIAU 

baca_sambutan

TNI AU. “Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegas Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Hariyono saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Sabtu (1/6).

Dikatakan demikian karena Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa di atas segala keberagaman yang ada. Pancasila, menurutnya, sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi untuk terus diperjuangkan dengan keberagaman geografis, flora, fauna dan dalam aspek antropologis – sosiologis masyarakat dalam rajutan bingkai kebangsaan yang inklusif. “Pengamalan nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

penghormatan

Karena berkat Pancasila, lanjutnya, menjadi penuntun keberagaman dalam slogan “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai identitas nasional Indonesia. Untuk itu, kata Danlanud Sultan Iskandar Muda, tetaplah mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dalam menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara. “Karena untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah, kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional,” ujarnya.

Baca juga:  KUNJUNGAN TIM VISITASI KEMENKES RI KE RUMKIT IWJ

Menurutnya melalui kata-kata ”Kita Indonesia, Kita Pancasila”, menjadikan sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. Sehingga peringatan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni, tambahnya, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ”Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. ”Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” katanya dan mengajak untuk bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel