Berita

KKDN Pasis Seskoau dan KK Jemen Pasis Sesau Disambut Hangat Gubernur Sumatera Utara

Oleh 10 Mar 2020 Maret 12th, 2020 Tidak ada komentar
KKDN Pasis Seskoau dan KK Jemen Pasis Sesau Disambut Hangat Gubernur Sumatera Utara
#TNIAU 

TNI AU.  Sebanyak 88 orang Perwira siswa (Pasis) Seskoau dan Sesau, laksanakan kuliah kerja ke Sumatera Utara, saat tiba langsung disambut hangat Gubernur Sumatera Utara, Letjen (Purn) Edy Rahmayadi di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan. Selasa (10/3/2020).

Kedatangan para Pasis didampingi oleh Komandan Seskoau, Marsda TNI Henri Alfiandi dan Wadan Seskoau, Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., Panglima Kosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., Danwing III Paskhas Kolonel Pas Novla Mirsyah, S.E., M.Tr (Han) dan para Dosen Seskoau.

Dalam sambutannya, Danseskoau mewakili civitas akademika Seskoau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kesediaan Gubernur Sumatera Utara beserta Forkopimda yang telah menerima dan memfasilitasi rombongan Pasis Seskoau angkatan ke-57 dan Sesau angkatan ke-13 dalam rangka kuliah kerja sebagai salah satu materi pendidikan yang harus dilaksanakan para Pasis dalam rangka penyelesaian program pendidikan.

“Perlu kami sampaikan pada bulan April mendatang, para Pasis Seskoau dan Sesau akan melaksanakan seminar nasional dengan tema Sinergitas Pengamanan Wilayah Perbatasan Dihadapkan Dengan Perkembangan Teknologi,” ujarnya. Untuk melengkapi data-data pembuatan naskah seminar, para Pasis diberikan kesempatan melalui kuliah kerja untuk mengunjungi beberapa institusi dan instansi yang ada kaitannya dengan penanganan pengamanan wilayah perbatasan tersebut.

Lanjut Marsekal Bintang Dua ini, mengharapkan kesediaan bapak Gubernur Sumatera Utara untuk memberikan arahan dan pembekalan sesuai dengan tema seminar. Hal senada juga disampaikan kepada pimpinan instansi-instansi untuk berkenan memberikan masukan sesuai bidangnya.

Baca juga:  LATIHAN ELANG GESIT DITUTUP

“Tahun Pelajaran 2020, total Pasis yang melaksanakan pendidikan di Seskoau, Lembang sebanyak 181,” ujarnya yang terdiri dari Pasis Seskoau angkatan ke-57 sebanyak 151 orang dan Sesau angkatan ke-13 sebanyak 30 orang yang terbagi dalam dua rombongan kuliah kerja yaitu ke Medan dan Pekanbaru. Yang hadir bersama hari ini, katanya, sebanyak 88 orang Pasis termasuk 1 siswa dari TNI AD, TNI AL dan Polri serta 2 Pasis berasal dari negara sahabat yaitu Australia dan Amerika Serikat serta didampingi 32 Perwira pembimbing.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembekalan oleh Gubernur Sumatera Utara, Letjen (Purn ) Edy Rahmayadi yang membahas tentang ” One Belt One Road”. Edy menjelaskan bahwa negara Cina mempunyai jalur obor, ini merupakan sebuah kebijakan inovatif pemerintah Tiongkok untuk membangun jalur perdagangan dan ekonomi baru yang menghubungkan Asia hingga Eropa. One Belt mengacu pada revitalisasi Silk Economic Road Ekonomic Belt atau rute perdagangan melalui jalur Sutra.

“Jalur tersebut mencakup daratan dari Tiongkok, Asia, Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah hingga Eropa yang didukung dengan jalur rel, jalan raya, dan jaringan pipa baru. Sedangkan One Road mengacu pada 21 St Century Maritime Silk Road atau jalur Sutra berbasis laut yang menghubungkan Tiongkok dan Asia Tenggara, Asia Selatan, Afrika, Timur Tengah dan Eropa, itulah mengapa betapa pentingnya kita menjaga laut Malaka,” ucap Gubernur Sumatera Utara.

Usai Gubernur Sumatera Utara memberikan pembekalan, selanjutnya giliran Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Kosekhanudnas III dan satuan radar dibawahnya.

Baca juga:  Satpom Lanud I Gusti Ngurah Rai Gelar Gaktib

Pangkosekhanudnas III mengatakan bahwa Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III/Medan adalah Komando pelaksana operasional Kohanudnas yang berkedudukan langsung dibawah Panglima Kohanudnas dengan tugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara di wilayah Kosekhanudnas III sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah Hanudnas untuk mendukung tugas Kohanudnas.

“Dalam melaksanakan operasi Hanud dan Gelar kekuatan alutsista, Kosekhanudnas III juga memiliki kewenangan untuk menggunakan unsur pesawat tempur, termasuk KRI berkemampuan Hanud dan unsur Artileri pertahanan udara. Unsur rudal/meriam. Kosekhanudnas III memiliki 4 satuan radar (Sastrad) diantaranya : Satrad 231 Lhokseumawe, Satrad 232 Dumai, Satrad 233 Sabang dan Satrad 234 Sibolga,” ucap Pangkosek Hanudnas III.

Usai Pangkosek Hanudnas III memberikan paparan, selanjutnya giliran Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong memberikan paparannya tentang peran dan tugas Lantamal I Belawan.

“Lantamal I mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, menyelenggarakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Lantamal I dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahan laut di wilayah kerjanya,”ucap Danlantamal I Belawan.

Diakhir acara giliran Ka. Kanwil DJBC ( Direktorat jenderal Bea dan Cukai ) Ibu Oza Olivia memberikan penjelasan tentang peran Bea Cukai dalam mengatur dan mengawasi lalu lintas barang dari dalam maupun luar negeri.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berada di bawah dan tanggung jawab kepada menteri keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang pengawasan dan penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara dibidang pengawasan kepabeanan dan cukai sesuai  dengan ketentuan dan perundang-undangan . DJBC mempunyai 6 fungsi diantaranya : Perumusan kebijakan dibidang penegakan hukum, pelayanan dan pengawasan dan optimalisasi penerimaan negara dibidang pabeanan dan cukai, kemudian Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria dibidang pengawasan, selanjutnya Pemberian bimbingan teknis dan supervisi dibidang pengawasan dan penegakan hukum, kemudian Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang pengawasan dan penegakan hukum, dilanjutkan Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta terakhir Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh menteri keuangan.

Baca juga:  Komadan Lanud Suryadarma Membuka Kejuaraan Terbang Layang

Diakhir acara dilanjutkan dengan pemberian dan pertukaran cinderamata mata dari  Danseskoau kepada Gubernur Sumatera Utara dan sebaliknya. Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P, Danwing III Paskhas, Kolonel Pas Novla Mirsyah, para asisten Kosek Hanudnas III, dan para pejabat Lantamal I Belawan serta Dandim 0201/ BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga.

Pada acara tersebut yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Gubernur Sumatera Utara maka ucapan Selamat Ulang Tahun kepada bapak Edy Rahmayadi dari Seskoau yang memberikan kejutan pada perayaan hari ulang tahun di akhir pertemuan.

Meskipun sederhana, namun suasana haru dan gembira terlihat dari acara tersebut. Bahkan setelahnya, bapak Edy Rahmayadi pun memberikan santunan kepada puluhan anak yatim piatu di hari ulang tahunnya yang ke-59 tahun. Ucapan selamat ulang tahun pun disampaikan oleh Danseskoau, Pangkosekhanudnas III, Danlantamal I, Danlanud Soewondo serta segenap tamu dan hadirin termasuk dari  jajaran Lanud Soewondo yang ditampilkan pada videotron.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel