Berita

Kohanudas Laksanakan Upacara Peringatan ke-72 Hari Bakti TNI AU

Kohanudas Laksanakan Upacara Peringatan Ke-72 Hari Bakti Tni Au
#TNIAU 

TNI AU.  Ir Kohanudnas Kolonel Lek Yos Alfantino bertindak selaku Inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Bakti TNI AU ke-72, di lapangan apel Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (29/7). Upacara diikuti oleh para pejabat beserta seluruh anggota Makohanudnas dan Kosekhanudnas I.

 Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), yang dibacakan Inspektur upacara dikatakan, Upacara ini adalah puncak dari seluruh rangkaian peringatan ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2019, yang bertemakan “Bakti Pahlawan Udara Menjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara”. Hari berkabung AURI, yang sejak tahun 1962 kita peringati sebagai “Hari Bakti TNI Angkatan Udara,” merupakan rangkaian peristiwa yang terjadi ketika tiga pesawat TNI Angkatan Udara mengudara dari landasan pacu Pangkalan Udara Maguwo dan menyerang garis pertahanan Belanda di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Serangan tersebut menjadi bukti jiwa patriotisme, cinta tanah air dan anti kolonialisme dari seluruh personel Angkatan Udara atas Agresi Militer Belanda Pertama. Beberapa jam pasca serangan tersebut, Belanda ternyata melancarkan serangan balasan dengan mengirim dua pesawat P-40 Kitty Hawk untuk menembak jatuh pesawat Dakota VT-CLA yang sedang membawa bantuan kemanusiaan dari Palang Merah Malaya. Delapan orang gugur, termasuk tiga putra terbaik Angkatan Udara, yaitu Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrahman Saleh, Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, dan Opsir Muda Adi Soemarmo Wiryokusumo,” ucapnya.

Moment gugurnya ketiga pahlawan udara tersebut mengingatkan kita, bahwa selalu ada resiko dalam pelaksanaan tugas sebagai prajurit udara. Saat ini, kita adalah generasi TNI Angkatan Udara yang beruntung, karena negara sedang aman, sejahtera dan tidak berhadapan dengan agresi militer negara lain. Maka, spirit Hari Bakti TNI Angkatan Udara harus dimanifestasikan dalam proses pembangunan postur kekatan dan kemampuan TNI Angkatan Udara yang professional dan modern. Momen Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2019 adalah saat tepat untuk membangun komitmen, bahwa TNI Angkatan Udara mampu mencetak kader-kader prajurit yang berkarakter sama hebatnya dengan para aktor sejarah Hari Bakti TNI Angkatan Udara,” tegasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel