TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

KOHANUDNAS ADAKAN PENATARAN BAGI PESERTA LATIHAN PERKASA “A” 2018

ftlbuklatperkasa

TNI AU.  Menjelang pelaksanaan Latihan Perkasa “A” Tahun Anggaran 2018 yang akan dilaksanakan pada 30 April sampai 4 Mei 2018 mendatang, diadakan kegiatan penataran bagi peserta latihan meliputi Pengawas, Pengendali, Penilai (wasdalnil) dan Pelaku di Aula Leo Wattimena Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (26/4). Upacara pembukaan penataran dihadiri para pejabat Kohanudnas serta para pendukung dan pelaku latihan.

Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E. selaku Direktur Latihan dalam sambutanya mengatakan,”Dipahami bersama tugas Kohanudnas adalah mengamankan wilayah udara nasional melalui pantauan radar guna mendeteksi pergerakan pesawat asing terjadwal maupun tidak terjadwal.  Disamping itu, Kohanudnas juga berupaya melindungi simbol-simbol negara dan obyek vital nasional dari berbagai kemungkinan serangan udara lawan”,tegasnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, “Oleh karena itu, pada Latihan Perkasa “A” ini, berbagai unsur Hanudnas baik militer dan sipil, khususnya di wilayah Kosekhanudnas I yaitu wilayah Jakarta, Pontianak dan Natuna termasuk Hanud pasif dilibatkan.   Kita harapkan dengan adanya perkembangan dan perubahan lingkungan strategis di tanah air dan tingkat global, tidak menyurutkan profesionalisme, kemampuan dan keterampilan kita dalam upaya pertahanan udara Nasional dan mengantisipasi hal terburuk dari datangnya serangan udara lawan. Melalui Tarwasdalnil dan pelaku ini diharapkan akan dapat diperoleh kesamaan persepsi pola pikir dan pola tindak untuk kemudian dipedomani selama latihan oleh setiap unsur baik pelaku, maupun pengawas, pengendali serta penilai,” tegasnya.

 

Kegiatan Tarwasdalnil diadakan untuk menyamakan visi para pelaku Latihan Perkasa “A” TA.2018 agar meliliki kesamaan persepsi terhadap latihan yang akan dilaksanakan. Penataran berlangsung sehari, dengan para pelaku latihan antara lain dari Kosekhanudnas I Jakarta, Satrad 211 Tanjung Kait, 212 Ranai, 213 Tanjung Pinang, 214 Tegal, 215 Congot dan 216 Cibalimbing, Skadron Udara 16 Lanud Rusmin Nurjadin, Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pontianak, Denhanud 473 Paskhas, KRI  Bung Tomo-357, Hely SAR, TIM SAR Paskhas dan PT Pertamina Siantan Pontianak sebagai obyek vital. 

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

KOHANUDNAS ADAKAN PENATARAN BAGI PESERTA LATIHAN PERKASA “A” 2018