Berita

KOHANUDNAS DAN KOGASUD SIAP MEMPERTAHANKAN NKRI

Dibaca: 13 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Penseskoau, (23/4) 2010 Dinamika yang berkembang di lapangan bergerak dengan sangat cepat, satu demi satu setiap tahap pertempuran dirancang dan di laksanakan dengan cermat, mulai dari rencana operasi hingga menjadi perintah operasi semua harus diperhitungkan dengan matang. Demikianlah yang terjadi pada sesi paparan rencana operasi latihan Olah Yudha Matra 1 yang dilaksanakan oleh Pasis Seskoau angkatan 47 di Ruang Yudha Gedung leo Wattimena Seskoau Lembang Bandung Barat.

 

Di skenariokan dunia sedang mengalami krisis Bahan Bakar sehingga Sonora sebagai negara agresor berupaya mencari serta memanfaatkan sumber energi yang ada di belahan bumi lain, dalam pencarian tersebut negara Sonora menemukan sumber daya di daerah Nusa Tenggara Timur, yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). TNI , Khususnya TNI AU sebagai garda depan pengawal dirgantara Indonesia tentulah tidak tinggal diam , maka disusunlah perpaduan antara Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dan Komando Tugas Udara (Kogasud) untuk melaksanakan operasi udara di wilayah mandala operasi Nusa Tenggara Timur untuk menghancurkan kekuatan musuh dalam rangka mendukung komando gabungan dan menegakkan kedaulatan NKRI.

Baca juga:  Danlanud Supadio Resmi Menutup Latihan Survival Dasar “Alap Mandau-19”

 

Operasi yang melibatkan puluhan pesawat tempur, angkut maupun heli ini juga di dukung oleh satuan-satuan lainnya seperti paskhas, intelijen, logistik serta satuan radar sebagai mata dan telinga perang elektronika. Semua elemen saling terkait hingga segenap kemampuan yang ada di Kohanudnas maupun Kogasud di kerahkan untuk tetap menegakkan kedaulatan ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dalam susunan latihan kali ini Komandan Seskoau Marsma TNI Ign Basuki bertindak sebagai Penasihat Latihan, Kolonel Pnb Jemi Trisonjaya bertindak sebagai Direktur Geladi, Pangkohanudnas A Pasis Mayor Pnb Didik, Pangkohanudnas B, Pasis Mayor Pnb Atang Sudrajat, Pangkogasud A Pasis Mayor Pnb Andri Gandhy dan , Pangkogasud B, Pasis Wing Cdr N.Welde dari India serta segenap Pasis Seskoau Angkatan 47 ikut berperan sebagai perwira staf Kohanudnas maupun Kogasud. Latihan Olah Yudha Matra Tahap 1 ini berlangsung mulai hari senin (19/4) hingga ditutup pada hari ini jumat (23/4) oleh Komandan Seskoau Marsekal Pertama TNI Ign Basuki.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel