Berita

Kohanudnas Gelar Latihan Hanudnas Perkasa “C”

Dibaca: 14 Oleh 05 Agu 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Muda TNI Dradjad Rahardjo, S.IP, betindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Hanudnas Perkasa “C” TA. 2010. sebelum dilaksanakan telah didahului dengan pemberian penataran kepada para pelaku, tim pengawas, pengendali dan tim penilai latihan, oleh Kas Kohanudnas Marsma TNI Jhon Fritz Sitompul.

Gelar latihan Hanudnas Perkasa “C” kali ini, mengambil lokasi di wilayah Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) III Medan, tepatnya di daerah Tanjung Balai Medan. Dalam latihan tersebut, Sumatra Utara diasumsikan mendapat gangguan atau ancaman dari negara asing.  Manuver lapangan (Manlap) latihan akan berlangsung tanggal 3 hingga 6 Agustus 2010. Gelar latihan Hanudnas Perkasa “C” ini melibatkan unsur-unsur Hanud meliputi, satu Flight pesawat tempur sergap Hawk 109/209, dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Kalimantan Barat sebagai buru sergap, satu Flight TS Hawk 109/209 Skadron Udara 12, Lanud Pakanbaru sebagai penimbul situasi (Bulsi), Satuan Radar (Satrad) 231 Lok Sumawe, Satrad 232 Dumai, Satrad 233 Sabang dan Satrad 234 Sibulga dari jajaran Kosek Hanudnas III Medan, Kapal Republik Indonesia (KRI) yang berkekuatan Hanud dari Armada Barat serta Detasemen Pertahanan Udara (Dahanud) dari Bataliyon Arhanud 13/I Bukit Barisan, Sumatra Utara.

Baca juga:  KETUA PIA AG D. II KOOPSAU II, KUKER KE IWJ

Latihan Hanudnas Perkasa “C” TA 2010 ini, merupakan konsistensi Kohanudnas dalam pelaksanaan program kerja, dalam menghadapi kontijensi permasalahan yang mungkin timbul dalam negeri pada masa depan, juga merupakan pelaksanaan dari hasil evaluasi latihan Hanudnas sebelumnya, yang telah terprogram secara berlanjut dan berkesimambungan. Latihan Perkasa juga merupakan tahapan latihan menuju puncak latihan Kohanudnas (Latihan Tutuka), oleh karena itu latihan Hanudnas Perkasa ini sebagai penguji tingkat kemampuan dan kesiapsiagaan unsur-unsur Hanud yang berada di jajaran Kohanudnas, dalam hal ini Kosekhanudnas III Medan dalam mengamankan wilayah udara nasional.    Disamping itu, untuk mewujudkan sistem penangkalan dan penindakan yang tepat dan handal di wilayah udara tanggung jawab Kosekhanudnas III.

Pangkohanudnas Marsekal Muda TNI Dradjad Rahardjo, S.IP, mengharapkan dengan latihan ini dapat meningkatkan kemampuan, baik perorangan maupun satuan yang berada di jajaran Kosek Hanudnas III, dalam mengaplikasikan dan penerapan doktrin operasi pertahanan udara, menyusun rencana operasi berdasarkan analisa kontijensi yang diperkirakan mungkin terjadi. Selain itu guna meningkatkan kerja sama unsur-unsur Hanud di wilayah Kosek Hanudnas III dan keterpaduan penyelenggaraan Hanud.          Untuk mewujudkan harapan tersebut Pangkohanudnas menekankan agar para peserta latihan terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan menguasai sistem pertahanan udara serta petunjuk program tetap yang telah ditentukan, dan melaksanakan sesuai aturan dan disiplin, sehingga meningkatkan pula profesi setiap prajurit TNI dan prestasi Kohanudnas.

Baca juga:  79 Calon Siswa Setukpa Angkatan ke-21 Laksanakan Seleksi Daerah

 


 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel