Berita

KOHANUDNAS GELAR OPERASI “TAMENG PETIR” DI AMBALAT

Dibaca: 3 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komando pertahanan udara nasional (Kohanudnas) gelar latihan operasi pertahanan udara nasional (Hanudnas) dengan sandi “Tameng Petir/10”, di wilayah perbatasan khususnya di Ambalat dan Tarakan Kalimantan Timur 1 hingga 5 Mei 2010. Operasi menggunakan pesawat tempur sergap SU 27/30 Shukoi dari Skadron Udara (Skadud) 11 Lanud Makasar, pesawat angkut C-130 Herkules dan Helly SAR Super Phuma serta melibatkan 405 personel TNI AU, terdiri dari satuan Lanud Balikpapan, Satuan Radar (Satrad) 225 Tarakan, Satrad 223 Balikpapan, Satrad 224 Kwuwandang dan awak pesawat dari Lanud Makasar, Skadud 31 Lanud Halim P, Skadud 32 Lanud Malang dan Skadud 8 Helly SAR, Lanud Atang Sanjaya,Bogor.

 

Operasi “Tameng Petir/10” bersifat operasi sepanjang tahun, dan gelar latihan manuver lapangan operasi Hanudnas mengambil lokasi di wilayah Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) II Makasar, yang merupakan wilayah perbatasan rawan dan kali ini di gelar di Tarakan Kalimantan timur. Pangkohanudnas Marsda TNI Dradjad Rahardjo, S.IP selaku pimpinan operasi mengharapkan setiap komponen bangsa hendaknya ikut peduli dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan dengan operasi Hanudnas ini, tidak ada lagi pelanggaran wilayah udara nasional Indonesia yang dilakukan oleh negara tertentu.

Baca juga:  Personel Lanud Husein S. Harus Peduli dan Peka Akan Bahaya Kebakaran

 

Kohanudnas sebagai komando operasi Hanudnas TNI yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dan mengendalikan operasi Hanudnas dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di udara, serta melindungi obyek vital nasional, terus berupaya mempertahankan kesiapan Alutsista dan personelnya guna mendukung operasi hanudnas.

 

Tampak pada gambar, Penerbang pesawat SU-30 Shukoi melakukan persiapan terbang dalam latihan Hanudnas “Tameng Petir/10”, dari Lanud Makassar, untuk melaksanakan tugas penyergapan pesawat musuh, di wilayah Komando Pertahanan Udara Nasional II, tepatnya di wilayah Tarakan Kalimantan timur, dalam skenario latihan operasi Hanudnas “Tameng Petir/10”. (Foto : Pen Kohanudnas)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel