TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kohanudnas Gelar Rapat Bersama Koorpaskhas

By 22 Jan 2015Berita
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d

Bertempat di ruang rapat atas  Makohanudnas  Halim Perdanakusuma, Kohanudnas  mengadakan rapat bersama Koorpaskhas, Kamis (22/1). yang dihadiri oleh Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Fahru Zaini S.H, MDS, Para Pejabat Kohanudnas dan Korpaskhasau serta para perwira staf Kohanudnas. Rapat bersama dipimpin oleh Kepala Staf  Kohanudnas Marsma TNI Barhim didampingi Kolonel Psk Taspin membahas tentang sistem pengoperasian Oerlikon, Smart Hunter dan QW 3.

Pangkohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam sambutan tertulis  yang dibacakan oleh Kas Kohanudnas Marsma TNI Barhim menyampaikan,  Kohanudnas sebagai Kotama Operasional TNI  yang menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas wilayah udara nasional secara mandiri ataupun bekerja sama dengan komando operasional TNI lainnya dalam rangka mewujudkan ataupun mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI dan menyelenggarakan pembinaan administrasi serta kesiapan operasi unsur-unsur pertahanan udara dan melaksanakan siaga operasi untuk unsur-unsur pertahanan udara dalam jajarannya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Lebih lanjut dikatakannya, Kohanudnas membawahi Kosekhanudnas dengan beberapa unsur pertahanan udara diantaranya unsur tempur sergap, unsur radar, unsur pangkalan, unsur rudal jarak sedang, unsur meriam hanud, unsur rudal taktis, unsur KRI berkemampuan Hanud, unsur radar sipil dan hanud pasif. Sementara alutsista yang dimiliki Pasukan Khas Angkatan Udara berupa Oerlikon, Smart Hunter dan QW 3 diharapkan mampu menjadi benteng terakhir sebagai kekuatan hanud titik. Peralatan ini mampu menghancurkan serangan udara lawan yang berhasil melewati pertahanan udara area dan terminal. Untuk itu perlu adanya pengintregrasian dari unsur-unsur terkait baik menyangkut piranti keras dan piranti lunak demi terwujudnya Interopebelity agar dapat menyatukan semua alut sista secara terpadu untuk mengantisipasi adanya serangan udara.

Sementara paparan terkait Oerlikon, Smart Hunter dan QW 3 disampaikan oleh Letkol Psk Iwan Setiawan. menyampaikan sistem kerja dari masing-masing alutsista yang dimiliki Paskhas saat ini, alutsista ini berguna untuk memperkuat operasi pertahanan udara dalam hal ini hanud titik dan pergelarannya.

Diakhir rapat, Pangkohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja menyampaikan ucapan terima kasih kepada nara sumber dari Korpaskhas yang telah menyampaikan paparan  terkait masalah Oerlikon, Smart Hunter dan QW 3 di Kohanudnas.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kohanudnas Gelar Rapat Bersama Koorpaskhas