TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

KOHANUDNAS LAKSANAKAN TARWASDALNIL LATHANUDNAS PERKASA

By 24 Jun 2012 11:39Berita
indonesianf16pesawat0170_tniau

Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) melaksanakan Penataran Pengawas, Pengendali dan Penilai (Tarwasdalnil) dalam rangka kegiatan Latihan Hanudnas Perkasa C/D Tahun Anggaran 2012 di gedung Serbaguna Kosekhanudnas I Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (22/6).

Dalam sambutan tertulis Pangkohanudnas yang dibacakan Kepala Staf Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray, dikatakan bahwa Kohanudnas sesuai dengan tugasnya menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas wilayah udara Nasional secara mandiri ataupun bekerjasama dengan Kotama operasional TNI lainnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan keutuhan serta kepentingan lain dari NKRI. Tugas tersebut tidaklah mudah, salah satu upaya menjaga kesiapsiagaan operasional dilaksanakan latihan Hanudnas Perkasa C/D TA. 2012. Aagar pelaksanaan operasi dan latihan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan, maka tahapan-tahapan, mulai dari tahapan perencanaan, persiapan sampai pada pelaksanaan, harus dilakukan secara cermat, teliti, terinci, dan terkoordinasi antara semua unsur serta pihak yang terlibat.

Lebih lanjut dikatakannya, semua pihak yang terlibat dalam latihan ini harus mengerti dan memahami skenario maupun materi latihan yang telah dibuat, sehingga dapat diperoleh kesamaan persepsi, pola pikir dan pola tindak, baik itu oleh unsur pelaku, unsur pengawas dan pengendali maupun unsur penilai. Gunakan forum penataran ini dengan sebaik-baiknya dan jadikan sebagai sarana untuk memperoleh berbagai informasi, tambahnya.

Unsur yang terlibat pada latihan Perkasa C meliputi Posekhanudnas III Medan, Satrad 231 Lhoksuemawe, Satrad 232 Dumai Satrad 234 Sibolga, 2 flight pesawat Hawk 109/209 dari Skadron Udara 12, pesawat Herky, Helikopter EC-120 B Colibri, 1 Satbak Yon Arhanud 13/I/ BB, KRI Hanud, Heli SAR, Brigan Pomau, HP PT Pertamina Unit Pengolahan II Dumai-Riau dan MCC Medan. Sedangkan unsur yang terlibat pada latihan Perkasa D yaitu; Posekhanudnas IV Biak dan Pesawat C 130 Hercules, sebagai pelaku Kosekhanudnas III Medan, sementara untuk latihan perkasa D akan dilaksanakan di wilayah Kosekhanudnas IV, Satrad 242 Tanjung Warari, 1 flight TS Hawk 109/209 skad 1, pesawat Hercules, KRI Hanud, Heli SAR, HP Bandara Franskaisiepo dan MCC Biak. dengan melibatkan, Satrad 242 Tanjung Warari, Denrudal dan KRI Habud, Pesawat Tempur Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1, Pesawat C130 Hercules, sementara pada latihan hanud pasif melibatkan Polres dan Kodim setempat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOHANUDNAS LAKSANAKAN TARWASDALNIL LATHANUDNAS PERKASA