Pustaka

Kohanudnas Tambah Satuan Radar di Wilayah Timur

Dibaca: 32 Oleh 13 Feb 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

JAKARTA – Dalam rangka deteksi dini dan menindak secara cepat dan tepat setiap kekuatan asing yang masuk secara illegal ke wilayah udara yurisdiksi nasional, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) telah menambah kekuatan satuan radarnya.

Demikian amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo pada HUT Kohanudnas ke-50, di Lapangan Persada Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (09/02/2012).

Penambahan Satuan Radar (Satrad) 245 Saumlaki di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan Satrad 243 di Timika, diharapkan mampu melaksanakan pengamatan udara di wilayah paling timur Indonesia dalam rangka menghadapi pelanggaran wilayah udara yurisdiksi nasional yang mungkin dilakukan pihak–pihak tertentu.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, sebagai pengemban tugas di wilayah udara yurisdiksi nasional, Kohanudnas haruslah bertindak tegas terhadap setiap bentuk pelanggaran di wilayah udara dengan tetap berpedoman pada prosedur hukum yang berlaku secara nasional dan internasional.

“Guna memenuhi tuntutan tersebut, Kohanudnas diharapkan senantiasa meningkatkan kemampuan personel dan alutsista yang ada untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan,” katanya.

Baca juga:  K. 32

Dihadapkan dengan perkembangan teknologi dirgantara dan kemajuan perkembangan alutsista militer, menyebabkan padatnya jalur lalu lintas udara internasional, sehingga memungkinkan ancaman udara masuk ke wilayah udara yurisdiksi nasional semakin mudah.

“Hal ini merupakan fenomena global yang berpengaruh terhadap tugas Kohanudnas selaku Kotama Ops TNI,” tambahnya.

Dalam masa 50 tahun perjalanannya, Kohanudnas telah menorehkan berbagai prestasi gemilang yang tentunya tidak terlepas dari dedikasi, kesungguhan dan kerja keras dari seluruh warga Kohanudnas.

Kesemuanya itu merupakan refleksi dari konsistensi sikap dan upaya pembinaan yang terarah, terprogram dan berkesinambungan dalam menghadapi tugas ke depan yang semakin tidak ringan.

Sumber: http://www.tribunnews.com/2012/02/09/kohanudnas-tambah-satuan-radar-di-wilayah-timur”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel