Berita

Kolonel Pnb Sungkono, S.E. M.Si. Jabat Panglima Kosek Hanudnas III Medan

Dibaca: 45 Oleh 20 Des 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Jabatan Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III (Pangkosekhanudnas III) Medan, Rabu (19/12), telah diserah terimakan dari Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna, S.E. kepada penggantinya Kolonel Pnb Sungkono, S.E. M.Si. dalam suatu upacara militer dengan Inspektur Upacara Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Muda TNI FHB. Soelistyo, S.Sos. di Apron Lanud Soewondo Medan. Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat Kohanudnas serta para pejabat militer, Polri dan Sipil yang ada di wilayah Sumatera Utara.

Kolonel Pnb Sungkono, S.E. M.Si. merupakan Alumnus Akademi Angkatan Udara Lulus Tahun 1987 yang sebelumnya menjabat sebagai Dirdik AAU Yogyakarta, sedangkan Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna, S.E. yang Alumnus Akademi Angkatan Udara Tahun 1986 akan menjabat sebagai Komandan Lanud Iswahjudi, Madiun.

Pangkohanudnas Marsekal Muda TNI FHB. Soelistyo, S.Sos. dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan ini memiliki makna penting dan strategis, karena terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara utuh dan menyeluruh, baik pembinaan organisasi, pembinaan personel, maupun regenerasi di lingkungan TNI/TNI Angkatan Udara. karena itu, mekanisme pergantian pejabat seperti ini, tidak hanya dimaknai sebagai pergantian personel semata,tetapi lebih dari itu, merupakan proses kesinambungan pembinaan yang mendorong semangat pembaruan dan penyegaran bagi peningkatan peran organisasi, serta menggugah peningkatan inovasi dan kreatifitas, agar dapat terpelihara lingkungan kerja yang kondusif, dengan harapan tugas yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kosek Hanudnas III Medan, merupakan salah satu komando pelaksana operasi pertahanan udara nasional yang bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara serta melindungi objek vital nasional yang berada di wilayah otoritas mulai dari provinsi Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam, sesuai dengan mekanisme sistem pertahanan udara nasional, Pangkosekhanudnas III Medan menerima pelimpahan wewenang dari panglima kohanudnas untuk melaksanakan pengendalian dalam penyelenggaraan operasi pertahanan udara diwilayahnya serta pembinaan kesiapan dan kemampuan unsur-unsur hanud, oleh karena itu, Kosekhanudnas III Medan memiliki posisi yang sangat strategis dan vital bagi pertahanan udara di wilayah barat Indonesia baik aktif maupun pasif di jajarannya.”, tutur Pangkohanudnas dalam amanatnya.

Kosek Hanudnas III merupakan Markas Angkatan Udara di bawah Kohanudnas yang memiliki frekuensi tugas dan tanggung jawab yang cukup tinggi, tugas dan tanggung jawab jabatan Panglima Kosek Hanudnas III Medan tidaklah mudah, terutama mengingat luasnya wilayah udara bagian barat Indonesia dan kerawanan kondisi selat malaka, karena berbatasan langsung dengan negara tetangga dan menjadi jalur pelayaran internasional serta jalur penerbangan yang sangat padat.

Selain itu, hal ini membutuhkan alat utama sistem senjata udara yang modern, personel yang profesional dalam mengawaki alutsista, doktrin ops hanud serta mekanisme komando dan pengendalian yang cepat dan tepat, oleh karena itu, dibutuhkan pula personel-personel yang memiliki disiplin, dedikasi, motivasi, integritas dan semangat juang yang tangguh dan profesional dalam mengawaki organisasi, terlebih lagi bagi pengawakan unsur-unsur hanud untuk keberhasilan dalam pelaksanaan tugas pertahanan udara terutama dalam pencapaian tugas Kosekhanudnas III.

Seusai pelantikan Panglima Kosek Hanudnas III dilanjutkan dengan acara Kenal Pamit bersama unsur FKPD Sumut dan dilanjutkan serah terima jabatan Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 04-Kosek Hanudnas III dari Ny. Ayu Yuyu Sutisna kepada Ny. Ninik Sungkono yang disaksikan oleh Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS V-Kohanudnas Ny. Ratih FHB. Soelistyo diruang Perkasa Fitnes Center Makosek Hanudnas III. Acara diakhiri dengan penukaran Cinderamata serta Foto Bersama.

Pada hari sebelumnya, telah dilaksanakan pula kunjungan kerja Pangkohanudnas ke Makosek Hanudnas III, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Sertijab Pangkosek Hanudnas III Medan.

Baca juga:  Menteri Sosial RI kunjungi Provinsi Kalbar

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel