Berita

KOLONEL PNB TATANG HERLYANSYAH JABAT PANGKOSEKHANUDNAS II

By 08 Aug 2014 No Comments
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU #TNI-AU

Panglima Kohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja melantik Kolonel Pnb Tatang Herlyansyah S.E sebagai Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) II Makassar menggantikan Marsma TNI A. Dwi Putranto dalam suatu upacara militer di lapangan Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (8/8).

Dalam amanatnya, Panglima Kohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan bahwa serah terima jabatan memiliki makna penting dan strategis karena terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara utuh dan menyeluruh, baik pembinaan organisasi, pembinaan personel, maupun regenerasi di lingkungan TNI. Hal ini merupakan suatu proses yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan dan penyegaran organisasi sehingga diharapkan dengan penyegaran tersebut, tujuan organisasi dapat dicapai lebih optimal sesuai dengan dinamika dan tuntutan tugas kedepan. Adanya pergantian pejabat dapat memberikan pengalaman yang beragam dan berjenjang kepada para perwira yang terkait, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai salah satu komando pelaksana operasi pertahanan udara, Kosekhanudnas II Makassar menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara serta melindungi objek vital nasional yang berada di wilayah otoritasnya mulai wilayah JawaTimur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Dengan demikian Kosekhanudnas II Makassar memiliki posisi yang sangat strategis dan vital bagi pertahanan udara di Wilayah Tengah Indonesia.

Tugas dan tanggung jawab jabatan Pangkosekhanudnas II Makassar tidaklah mudah bila dihadapkan dengan masih terbatasnya kemampuan sistem senjata pertahanan udara yang digelar di wilayahnya, mengingat luas wilayah udara bagian tengah Indonesia dan rawannya kondisi di laut Kalimantan dan Sulawesi serta masih belum tuntasnya konflik perbatasan di perairan Ambalat dengan negara tetangga. Selain itu, jalur ini menjadi jalur pelayaran Internasional dan jalur penerbangan yang sangat padat. Oleh karena itu, perlu adanya koordinasi yang baik dan kontiniu dengan semua unsur-unsur terkait lainnya, antara lain satuan Arhanud yang berada dalam wilayah tanggung jawab Kodam VII /Wirabuana dan unsur KRI dari Koarmabar dan jajarannya sehingga tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan maksimal.

Marsma TNI A. Dwi Putranto yang merupakan Alumni AAU 1983 selanjutnya akan menempati promosi jabatan sebagai Pangkoopsau I Jakarta, sedangkan Kolonel Pnb, Tatang Herlyansyah S.E yang merupakan Alumni AAU 1986 sebelumnya menjabat sebagai Paban I Renops Mabes TNI. Upacara Serah terima jabatan ini dihadiri oleh Kas Kohanudnas Marsma TNI Barhim, Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Fahru Zaini, para pejabat Kohanudnas, Kosekhanudnas I, II serta para Dansatrad di bawah jajaran Kosekhanudnas II Makassar.

Tampak pada gambar : Panglima Kohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja sedang melakukan salam komando dengan Marsma TNI A. Dwi Putranto dan Pangkosekhanudnas II yang baru Kolonel Pnb Tatang Herlyansyah, S.E usai pelaksanaan upacara Sertijab Pangkosekhanudnas II Makassar di lapangan Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (8/8).

Leave a Reply