Berita

Kolonel Pnb Umar Fathurrohman, S.IP, M.Si Jabat Komandan Lanud Tarakan

Oleh 09 Feb 2016 Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Jabatan Komandan Lanud Tarakan diserah terimakan dari Letkol Pnb Tiopan Hutapea, S.Sos kepada Kolonel Pnb Umar Fathurrohman, S.IP, M.Si dalam upacara serah terima jabatan di Lapangan Mako Lanud Tarakan, Rabu 3 Februari 2016. Upacara serah terima jabatan ini dipimpin oleh Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II Marsda TNI Dody Trisunu.

Kolonel Pnb Umar Fathurrohman, S.IP, M.Si sebelumnya bertugas sebagai Pamen Sopsau, beliau adalah lulusan AAU tahun 1990. Sedangkan Letkol Pnb Tiopan Hutapea S.Sos yang selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Pabandyabinpuanpotrud Paban III/Intelud Spamau, adalah lulusan AAU tahun 1996.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II Marsda TNI Dody Trisunu dalam amanatnya mengatakan bahwa alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI AU untuk mendinamisasikan organisasi yang di laksanakan secara terencana dan berkesinambungan. ”Dari alih tugas dan alih jabatan juga diharapkan akan muncul gagasan-gagasan baru yang akan memberikan suasana segar dalam tubuh organisasi, sehingga akan dapat memacu pencapaian tugas secara lebih optimal”, kata Pangkoopsau II.

Baca juga:  KOMANDAN LANUD HUSEIN S. SERAHKAN BINGKISAN TUNJANGAN HARI RAYA

Dikatakannya, wilayah Tarakan merupakan daerah yang sangat strategis. Selain berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan berada di tepi ALKI II, wilayah ini juga kaya akan sumber daya alam. Oleh karena itu, daerah ini sering menjadi tempat konflik berbagai kepentingan, yang ditandai dengan sering terjadinya pelanggaran wilayah maupun aktifitas illegal seperti illegal logging, illegal mining, serta penyelundupan narkoba. Terkait dengan hal tersebut, melalui Peraturan Kasau No. 30 Tahun 2015 tanggal 23 Oktober 2015, status Lanud Tarakan ditingkatkan dari Lanud tipe “C” menjadi Lanud tipe “B” dan Komandan Lanud dijabat oleh Pamen TNI AU berpangkat Kolonel. “Lanud Tarakan sebagai ujung tombak pelaksanaan operasi udara di wilayah ini, dituntut agar senantiasa siap secara operasional untuk menjaga dan menegakkan kedaulatan wilayah NKRI di perbatasan ,” jelasnya.

Usai upacara pokok sertijab Komandan Lanud Tarakan, acara kemudian dilanjutkan dengan sertijab Ketua PIA AG Cabang 21/ D II Lanud Tarakan dari Ny. Nita Tiopan Hutapea kepada Ny. Irni Umar Fathurrohman, yang dipimpin langsung oleh ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II ibu N.A Dwi Sudiastuti Dody Trisunu di ruang rapat staf Mako Lanud Tarakan.

Baca juga:  Primkopau Dissurpotrudau Melaksanakan RAT ke XXXVI

Hadir pada acara tersebut antara lain Pj Gubernur Kaltara, Walikota Tarakan, Sekda Kota Tarakan, Para unsur FKPD Kota Tarakan, dan Tokoh Masyarakat Kaltara.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel