TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Komandan Koharmatau Melaksanakan Kunjungan ke PT.GMF

By 21 Nov 2018 Berita
IMG-20181121-WA0022

TNI AU.  Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono didampingi oleh para pejabat Mako Koharmatau, Dandepohar, dan para Dansathar melaksanakan kunjungan  ke PT GMF, Senin (19/11).    Kunjungan ini selain merupakan tindak lanjut dari isi  MOU antara TNI Angkatan Udara dan PT GMF tentang Dukungan Pemeliharaan Pesawat TNI Angkatan Udara, yang telah ditanda tangani pada tanggal 7 Februari 2018 juga  merupakan salah satu mata rantai dalam upaya melaksanakan peningkatan kinerja dan peningkatan pencapaian sasaran pelaksanaan tugas pemeliharaan alutsista TNI Angkatan Udara, dengan harapan dapat diperoleh beberapa manfaat yang muaranya adalah suksesnya pelaksanaan tugas Koharmatau.

Dengan adanya kunjungan seperti ini, para pejabat Koharmatau dan Depohar jajaran dapat melihat lebih dekat kondisi di lapangan dan sekaligus dapat bertatap muka guna memperoleh informasi dan masukan secara langsung mengenai hal-hal yang perlu mendapatkan keputusan dan solusi tentang berbagai kebutuhan dalam kerjasama yang di hadapi saat ini dan dimasa mendatang.  Dalam sambutannya Komandan Koharmatau menyapaikan beberapa hal yang mendasari kunjungan ke GMF yaitu:

1. Bahwa Renstra TNI AU tahun 2015-2019 terdapat beberapa program yang harus direalisasikan terkait pengadaan pesawat C-130 tipe J dan modernisasi pesawat C-130 meliputi Upgrade Avionic dan penggantian Center Wing Box. Dalam hal ini PT GMF sudah direkomendasikan menjadi Industri Pertahanan Nasional dan sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 16 bahwa PT GMF dapat turut serta memenuhi kebutuhan alutsista TNI AU.

2. Bahwa Terkait dengan presentasi yang disampaikan PT GMF di Koharmatau pada tanggal 4 Oktober 2018 perihal penyampaian penawaran Rotable Pool dalam mendukung pemeliharaan Engine T-56, hal ini sekiranya perlu didalami lebih lanjut atau dapat dikembangkan dalam mendukung pemeliharaan berat pesawat Boeing 737 series tentunya dalam bentuk kerjasama metode Rotable Pool perlu adanya pemahaman yang lebih mendalam agar tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

3. Bahwa perlu dilaksanakan factory visit ke fasilitas pemeliharaan GMF Aero Asia untuk mengetahui kemampuan pemeliharaan meliputi sarana prasarana, fasilitasnya yang dihadapkan dengan kesempatan dan kesiapan untuk dapat ikut serta dalam program seperti pengadaan pesawat C-130 J dan Modernisasi pesawat C-130.

Mengakhiri sambutannya Komandan Koharmatau memerintahkan kepada seluruh pejabat yang mendampingi kunjungan agar kegiatan dijadikansebagai wahana untuk menyamakan persepsi, sekaligus sebagai ajang komunikasi dan koordinasi melalui forum pendalaman pada saat peninjauan yang berkaitan dengan upaya peningkatan kemampuan Koharmatau dan Depohar jajaran.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Komandan Koharmatau Melaksanakan Kunjungan ke PT.GMF