Berita

KOMANDAN LANUD ATS “HOME OF CHOPPER” DISERAHTERIMAKAN

Dibaca: 15 Oleh 06 Jul 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Jabatan Komandan Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja diserahterimakan dari Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso, S.IP kepada penggantinya Kolonel Pnb Eko Supriyanto, serah terima jabatan ditandai dengan suatu upacara militer di Lapangan upacara Rajawali Sakti Lanud Atang Sendjaja tanggal Kamis (5/7). Bertindak selaku Inpektur upacara Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito dalam sambutannya mengatakan Langkah Lanud Atang Sendjaja selama ini dalam melaksanakan tugas atau merespon segala tantangan tugas saya nilai sudah sangat baik telah memberikan kontribusi yang berarti bagi terlaksananya peran, tugas dan fungsi TNI AU untuk kepentingan masyarakat, kesemuanya ini tidak terlepas dari kepemimpinan dan manajemen yang baik oleh Komandan Lanud.

Pergantian pejabat dilaksanakan secara terencana dan teratur tertip dan berkesinambungan sesuai kebutuhan organisasi sehingga peristiwa pergantian pejabat sangat penting karena diharapkan akan meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas satuan serta untuk terpeliharanya kegairahan kerja dikalangan anggota.

Lanud Atang Sendjaja memiliki sepuluh satuan jajaran baik satuan jajaran operasional maupun satuan jajaran pendukung operasional dan satuan Staf memiliki tugas yang diproyeksikan pada tuntutan operasi militer perang dan operasi militer selain perang yang harus siap setiap saat mulai dari kesiapan personel maupun alutsista yang bersarang di Lanud Atang Sendjaja sebagai home of chopper.

Diluar dari satuan tersebut Lanud Atang Sendjaja terdapat satuan Basarnas Rotary Wing “Sijingga Gesit”, secara langsung keberdaannya merupakan operasional Lanud Atang Sendjaja karena yang mengawaki tugas pokoknya adalah personel penerbang Lanud Atang Sendjaja bisa dikatakan mulai dari kesiapan hingga operasional para penerbangnya yang sehari-harinya bertugas di Skadron jajaran Wing 4, secara operasianlnya berada dibawah Komandan Wing 4.

Dari seluruh tugas pokok mulai dari kesiapan latihan maupun operasional Lanud Atang Sendjaja selaku pelaksana operasional Koopsau I, selama kepemimpinan Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso secara umum terlaksana dengan baik bahkan tanpa insident hal ini terwujud tidak terlepas dari suatu kepemimpinan yang profesional dan berdedikasi tinggi dan selalu mengayomi bawahan dengan performan seorang pelatih dan seorang bapak. Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso merupakan penerbang Helikopter dan instruktur sekolah penerbang dengan motto kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas yang ditarapkannya selama memimpin Lanud Atang Sendjaja telah banyak perobahan mulai dari pembangunan di berbagai tempat, sehingga tampilan Lanud Atang Sendjaja semakin membanggakan.

Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso, menjabat Komandan Lanud Ats dari tanggal 6 Januari 2011 bukanlah tugas yang ringan, tugas berat dengan berbagai dinamika dilapangan dapat dilakukannya tentu tidak terlepas dengan dukungan semua pihak, terutama dukungan yang tiada tara dari sang Isteri tercinta Ny Netty Suryanti dan dukungan moril dari anak-anak tersayang Titis Widyastuti, SE dan Tita Wuri Nuzumah, SH yang selalu tersenyum dan ramah, keluarga harmonis baginya dapat menghilangkan rasa capek sang ayah dalam keseharian.

Marsekal pertama TNI Tabri Santoso merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) pataka 1983 kelahiran Lamogan Yokyakarta 12 Agustus Tahun 1956 yang juga lulusan sekbang angkatan 29, Sekkau angkatan 51 Tahun 1991, Seskoau angkatan 33 tahun 1997 , Sesko TNI angkatan 29 Tahun 2002 dan lulus PPRA Lemhanas angkatan 43 Tahun 2009 dan berbagai kursus lainnya dilewati dengan baik sehingga dapat menunjang keprofesionalan yang di milikinya.

Sedangkan riwayat penugasan strategis yang pernah diembanya di mulai dari Perwira Penerbang Wing Operasi 4, perwira penerbang Skdron Udara 6, komandan Flight Dik “C” Skadik 102 Lanud Adisutjipto, Ks Bingadiksis, Kadisops Skadik 104 Lanud ADI, Komandan Skadik 104 Lanud ADI, Komandan Lanud Rembiga, Dosesn Seskoau Gol IV, Kadep Matra AAU, Komandan Wing Karbol AAU, Komandan Lanud Sulaiman, Paban VI Binprof Ops Sopsau, Direktur Pendidikan AAU, Komandan Lanud Atang Sendjaja dan selanjutnya sesuai Skep Pang TNI Kep /392/VI/2012 menjabat sebagai Wakil Gubernur AAU.

Tanda jasa dan kehormatan yang dimiliki Marsekal bintang satu yang senang bercanda namun tidak menghilangkan ketegasannya dalam mengambil keputusan ini empat deret penghargaan tersusun rapi di dada sebelah kanan atas menambah kewibawaan sang Marsekal mulai dari satyalencana kesetiaan, 8, 16 dan 24 tahun, satyalencana dwidyasista 3 kali, satyalencana seroja 2 kali, satyalencana GOM IX raksak dharma Papua dan satyalencana gerakan operasi militer di Aceh dan Bintang Swabhuana Paksa Nararya.

Kolonel Pnb Eko Sopriyanto merupakan putra kelahiran Semarang 27 Juni tahun 1961 suami dari Ny Retno Dewi Noviati dan ayah dari Reda Pahlevi S dan Sekar Despritanti S. Merupakan Alumni AAU Tahun 1984 sebelumnya menjabat sebagai Sesdisdikau Mabesau.

Jabatan setrategis yang pernah diemban Kolonel Pnb Eko Supriyanto sebagai penerbang heli yang banyak mengabdi di dunia pendidikan antara lain dimulai dari Pa Opsdik Disops Lanud Adi S, empat jabatan sebelum menjabat Komandan Flight B Skadik 102 Lanud Adi S, Dan Flight A Skadik 102 Lanud Adi S, Kadisops Skadik 101, Dan Skadik 104 Wingdikbang, Kabadan Uji Koopsau I, Dan Lanud Pattimura, Dosen Madya Sesko TNI, Pamen Sopsau Dik Lemhanas, Sesdisdikau serta banyak lagi jabatan lainnya yang pernah diemban dengan baik.

Pendidkan yang pernah di ikuti antara lain Sekbang tahun 1985, Sekolah Instruktur Penerbang TNI AU 1994, Sekkau angkatan 56, Seskoau angkatan 34, Sesko TNI angkatan 34 tahun 2007 serta kursus lainnya yang menjadi modal keprofesionalannya dalam melaksanakan tugas.

Tanda jasa dan kehormatan yang dimilikinya satyalencana kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun, satyalencana Seroja, satyalencana Dwidya Sistha, satyalencana Santi Dharma dan the United Nations Medal.

Keluarga Besar Lanud Atang Sendjaja mengucapkan selamat jalan kepada Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso beserta Keluarga dan ucapan selamat datang kepada Kolonel Pnb Eko Supriyanto dan kelurga.

Siapapun yang menjadi Komandan Lanud Atang Sendjaja adalah seorang prajurit TNI Angkatan Udara pilihan karena Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja merupakan sarang Home Of Chopper yang selalu ditunggu kehdirannya dalam pelaksanaan operasi dan latihan TNI AU dan tidak pernah absen dalam melaksanakan misi kemanusian yang di gelar TNI dalam misi Operasi Militer Selain Perang. Selamat jalan dan selamat datang “JUPITER”

Baca juga:  Tim Paralayang TNI AU Ikuti Kejuaraan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel