Berita

Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Hadiri Launching Kampung Tangguh Perbatasan

Dibaca: 18 Oleh 15 Jul 2020Tidak ada komentar
Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Hadiri Launching Kampung Tangguh Perbatasan Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19
#TNIAU 

TNI AU. JAGOI BABANG, LANUD HARRY HADISOEMANTRI. Komandan Lanud Harry Hadisoemantri, Letkol Pnb Firmandes Pasaribu, S.T., M.Han., menghadiri undangan pelaksanaan kegiatan launching Kampung Tangguh Perbatasan dalam rangka pencegahan Penyebaran Covid-19, bertempat di Dusun Belida, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (14 /07/ 2020).

Pada kegiatan tersebut diawali sambutan Kepala Desa Sekida bapak Sujianto, menyampaikan Desa sekida terdiri dri 3 (tiga) kampung yaitu Sejaro, Kindau, dan Belida. Desa Sekida terdiri dari 466 (empat ratus enam puluh enam) KK (Kepala Keluarga) dan 1.853 (seribu delapan ratus lima puluh tiga) jiwa, yang terdiri dari masyarakat multi etnis.

Kampung tangguh adalah langkah sistemis yang bertumpu ditingkat masyarakat kampung dalam rangka pencegahan pandemi Covid-19 dengan melibatkan para perangkat Desa. Dusun Jagoi Belida dipilih menjadi kampung tangguh dikarenakan memenuhi beberapa aspek, antara lain dipilih dengan kriteria mengenai ketangguhan pangan, ketangguhan kesehatan, ketangguhan gotong-royong, ketangguhan ketaatan, keamanan, ketangguhan informasi dan ketangguhan psikologi,” ujarnya.

Baca juga:  Melalui Komsos, Lanud Suryadarma Ajak Ribuan Masyarakat Purwasuka Perkuat Pertahanan

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Bengkayang dalam sambutannya mengatakan, “Desa Sekida dusun Belida ditunjuk menjadi pilot project kampung tangguh dengan harapan agar bisa dicontoh dan diterapkan di kampung lainnya. Salah satu aspek untuk terciptanya kampung tangguh adalah sumber daya manusianya. Sedangkan aparat TNI dan Polri adalah merupakan corong untuk menyukseskan program pemerintah dan memberikan informasi penting kepada masyarakat, agar tidak terpengaruh /terkontanimasi hal-hal yang negatif dan salah dalam pemahaman. Perlu diketahui, Kabupaten Bengkayang masih termasuk dalam daftar zona hijau dari wilayah yang masih dikatakan aman dari Covid-19. Dengan hal tersebut, saya mengajak dan menghimbau agar kita selaku masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan pribadi maupun lingkungan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, agar terhindar dari Covid 19. Apresiasi yang kami berikan selaku Kapolres Bengkayang, terhadap masyarakat dusun Belida, atas segala upaya dan kemandiriannya, agar dapat dijadikan contoh bagi desa-desa yang lain,” ungkapnya.

Sebelum acara berakhir, Plh. Kabupaten Bengkayang bapak Obaja, dalam sambutannya menyampaikan, “Covid-19 ini tidak hanya menyerang kesehatan, akan tetapi menyerang di semua sektor, baik sektor pembangunan, sektor ekonomi, sektor lapangan, sektor keagamaan, pekerjaan dan sebagainya, semua ikut terdampak.

Baca juga:  Pia Ardhya Garini Lanud Pattimura Gelar Syukuran Hut ke-63 Pia Ardhya Garini

Diharapkan para Kepala Desa lain dapat belajar dan mengikuti desa yang telah ditetapkan menjadi desa tangguh, agar kehidupan masyarakat desa dapat lebih baik dan meningkat. Lembaga pemerintah daerah dan lembaga lain jangan saling menyalahkan. Lembaga pemerintah daerah hendaknya saling bersinergi dan berkomunikasi dengan baik agar kita dapat mengambil langkah dan kebijakan yang lebih baik. Saya berharap, pemerintah daerah agar dapat berkolaborasi dengan aparat- aparat pemerintahan, demi terlaksananya program-program untuk kemajuan wilayah khususnya Kabupaten Bengkayang,” pungkas Bapak Obaja.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh. Bupati Kab. Bengkayang Bapak Obaja, S.E., M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang Bapak Fransiskus, Dandim 1202/skw Letkol Arm Victor Lofu Lalang, Kapolres Bengkayang AKBP Natalia Budi Darma, S.I.K., M.H., Danlanud Had Letkol Pnb Firmandes Pasaribu, S.T., M.Han., Kapolsek Kec. Jagoi Babang AKP Hoerudin, Camat Kecamatan Jagoi Babang Ibu Radid, seluruh Forkopimda Kabupaten Bengkayang dan seluruh Muspika Kecamatan Jagoi Babang.

Kegiatan launching Kampung Tangguh Perbatasan dalam rangka pencegahan Penyebaran Covid 19 di Dusun Belida Desa Sekida Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang diikuti oleh kurang lebih 300 (tiga ratus) orang. Kegiatan selesai pukul 12.00 WIB berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga:  Danlanud Soewondo Pimpin Sidang Pantukhirda Calon Taruna Taruni TA. 2019

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel