Berita

KOMANDAN LANUD HUSEIN S. HADIRI PERINGATAN BANDUNG LAUTAN API

Dibaca: 21 Oleh 25 Mar 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb I Nyoman Trisantosa, S. IP menghadiri upacara peringatan Bandung Lautan Api, bertempat dilapang Tega Lega Bandung, Senin (23/3). 

Upacara yang diikuti kurang lebih 500 orang yang terdiri dari TNI dan Polri, pelajar dan masyarakat kota Bandung ini dipimpin oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Upacara yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengenang peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1946. 

Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategi militer dalam Perang Kemerdekaan indonesia, ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya menceritakan sejarah singkat tentang tragedi Bandung Lautan Api. 

Hadir pada peringatan Bandung Lautan Api Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Iswan Sutiswan,Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Drs. Mashudi , Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia kota Bandung Soedirman serta para pejabat di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung.

Baca juga:  BNNP Aceh sidak Lanud SIM

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel