Berita

Komandan Lanud Sam Ratulangi Hadiri Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Jasa Transportasi Udara

Oleh 22 Okt 2019 Oktober 23rd, 2019 Tidak ada komentar
KOMANDAN LANUD SAM RATULANGI MENGHADIRI SOSIALISASI KESELAMATAN DAN KEAMANAN JASA TRANSPORTASI UDARA
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E., menghadiri kegiatan Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Jasa Transportasi Udara pada Selasa (22/10)  di Padies Kimuwu Desa Warembungan Kabupaten Minahasa dimana kegiatan sosialisasi ini menyasar kepada penggiat olahraga kedirgantaraan seperti paralayang, paragliding, paramotor dan drone. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Johny Sumaryana, S.E., yang juga selaku ketua FASIDA Sulut dan juga perwakilan dari Kantor Otoritas Bandara Samrat Manado dan Perum Airnav Manado serta instansi terkait dan penggiat olahraga kedirgantaraan

Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara lewat Kepala Dinas Ibu Dr. Lynda D. Watania, M.M., M.Si., membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara dalam kegiatan ini dimana Gubernur Olly menyampaikan bahwa keselamatan merupakan prioritas utama dalam dunia penerbangan dan untuk mewujudkannya diperlukan kesadaran hukum yang penuh dari semua pihak terkait. Gubernur juga mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang membenahi sektor pariwisata di Sulut termasuk kegiatan kedirgantaraan seperti ­paralayang, paragliding, paramotor, drone dan lain-lain yang merupakan kegiatan penunjang sektor pariwisata sehingga dengan kegiatan ini peserta bisa mendapatkan pengetahuan yang benar dan baik sehingga keselamatan dan keamanan jasa transportasi udara dapat dilaksanakan dan diterapkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Komandan Lanud Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Johny Sumaryana, S.E., yang juga selaku ketua Fasida Sulut menyampaikan bahwa olahraga kedirgantaraan berkembang cukup pesat di Sulut dimana terdapat 3 spot yaitu di Tatempangan, Tumpa dan Padies Kimuwu ini. Dalam arahannya, beliau mendukung kegiatan tersebut tetapi setiap penggiat atau atlet dalam olahraga ini harus memiliki sertifikat sehingga keselamatan bisa terpenuhi juga harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku di ruang udara sulawesi utara.

Acara sosialisasi ini menghadirkan 3 narasumber yaitu dari Kantor Otoritas Bandara Samrat, Perum Airnav Manado dan Angkasa Pura Bandara Samrat. Dimana Kantor Otoritas Bandara Samrat mengatakan bahwa sudah ada aturan yang harus dipatuhi akan kegiatan olahraga kedirgantaraan seperti harus ada pengurusan izin ke Otban setelah mendapat rekomendasi dari FASI dan Airnav, juga aturan-aturan mengenai keselamatan penerbangan. Dilain pihak Perum Airnav menyampaikan bahwa sudah ada rambu-rambu yang ditetapkan bagi penggiat olahraga ini seperti batasan ketinggian terbang dan area terbang agar tidak menggangu penerbangan diwilayah udara sulawesi utara.

Dalam pembahasan pihak penggiat menyampaikan bahwa pemerintah dan FASI harus menjembatani untuk para atlit agar bisa memperoleh sertifikat seperti sertifikat tandem karena sebagian besar dari mereka belum memiliki sertifikat. Kegiatan Sosialisasi ini ditutup oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Johny Sumaryana, S.E, yang menyampaikan kegiatan ini sangat penting dimana adanya pemahaman dari penggiat olahraga kedirgantaraan akan aturan-aturan yang ada sehingga keselamatan akan tercapai dan kepariwisataan Sulawesi Utara lewat olahraga ini bisa berkembang untuk dapat memacu tingkat perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara. Demikian Pen Lanud Sri Menginfokan.

KOMANDAN LANUD SAM RATULANGI MENGHADIRI SOSIALISASI KESELAMATAN DAN KEAMANAN JASA TRANSPORTASI UDARA

KOMANDAN LANUD SAM RATULANGI MENGHADIRI SOSIALISASI KESELAMATAN DAN KEAMANAN JASA TRANSPORTASI UDARA

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel