Berita

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Wilayah Kalimantan Selatan Secara Virtual

Dibaca: 7 Oleh 01 Okt 2021Tidak ada komentar
IMG 93933
#TNIAU 

TNI AU. Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari Nasional dan sudah merupakan tradisi Bangsa Indonesia untuk setiap tahun memperingatinya. Hal ini sangat penting karena Pancasila sebagai Ideologi Negara yang harus dipertahankan dan dijaga agar jangan sampai tergantikan dengan ideologi yang lain. Oleh karena itu kita wajib menjaganya sampai akhir hayat.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Sekda Prov Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari dan Danlanal Banjarmasin mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara virtual yang berlangsung di Gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin. Jumat, (01/10/2021).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang Bertemakan ”Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” secara virtual tersebut terhubung langsung dengan kegiatan upacara yang dilaksanakan di Monumen Lubang Buaya Jakarta yang dipimpin oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Dalam pembacaan ikrar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyebutkan bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan NKRI 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak rongrongan dalam negeri dan luar negeri terhadap NKRI, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan dikarenakan kelengahan kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan pancasila sebagai ideologi Negara. Lebih lanjut, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI, maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangankan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Baca juga:  Jelang Hari Raya Idulfitri Danlanud Adi Soemarmo bagikan Bingkisan ke Anggota

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago melalui Ws. Kapen Lanud Sjamsudin Noor Letda Sus Donny Prasetyo, S.T., mengatakan, walaupun berbeda dari tahun sebelumnya (sebelum pandemi Covid-19), kita wajib memperingatinya dan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan salah satu hari bersejarah dimana saat itu terjadi suatu peristiwa pada tahun 1965 terjadi yang berujung pada penculikan dan gugurnya tujuh putera terbaik bangsa. “Mari kita bersama-sama merenung sejenak tentang apa yang terjadi dimasa lalu, hendaknya semua kejadian itu menjadi cambuk sebagai pemicu semangat dalam bekerja. Sebagai generasi penerus pengorbanan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan harus kita isi dengan pelayanan prima dan profesional untuk masyarakat,”. Tutup Danlanud SAM.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel