Berita

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Turut Musnahkan Narkoba

Dibaca: 5 Oleh 11 Nov 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., menghadiri acara pemusnahan barang bukti berupa narkotika jenis sabu-sabu. Narkotika jenis sabu-sabu seberat 100,21 gram atau satu ons lebih yang harganya ditaksir Rp.180 juta tersebut dilakukan di Mapolres Banjarbaru, Kamis (7/11),  disaksikan oleh Walikota Banjarbaru Ruzaidin Noor, Danyonif 623/BWU dan perwakilan Kejaksaan Negeri Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru AKBP Riko Sunarko mengatakan, sabu-sabu yang dimusnahkan adalah milik tersangka Bud alias Angah warga Banjarmasin yang ditangkap Satuan Narkoba pada bulan Oktober 2013 yang lalu. Dijelaskan, pemusnahan narkotika tersebut dapat dilakukan setelah penyidik menerima penetapan dari kejaksaan terkait status barang bukti yang disita dari tangan tersangka yang diamankan di Komplek Balitan Banjarbaru. Lebih lanjut, tersangka yang saat ini masih mendekam di dalam tahanan Mapolres Banjarbaru sambil menunggu proses persidangan dikenakan pasal 114 juncto 112 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan pelanggaran pasal yang dikenakan cukup membuktikan tersangka sebagai pengedar sehingga ancaman hukumannya juga tinggi yakni penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Baca juga:  Sosialisasi Permildas Kodiklatau di Wingdiktek

Walikota Banjarbaru yang didampingi Danlanud SAM mengatakan, peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya harus diperangi oleh seluruh pihak sehingga tidak semakin berkembang ditengah lingkungan dan lapisan masyarakat. Sabu-sabu tersebut merupakan barang bukti yang disita dari tangan tersangka dan statusnya ditetapkan kejaksaan sebagai barang bukti yang harus dimusnahkan. “Kami mengapresiasi pemusnahan barang bukti sabu-sabu ini sekaligus berharap upaya pencegahan dan pemberantasannya,  dan untuk itu marilah kita secara bersama dari semua unsur baik pihak Kepolisian, TNI, Kejaksaan ataupun semua kalangan masyarakat agar selalu megantisipasi secara dini akan bahaya Narkoba sehingga lingkungan masyarakat bebas dari narkotika,” ujar Danlanud SAM disela-sela pemusnahan dengan cara direndam dalam air bercampur deterjen.

Kasus kepemilikan narkotika tersebut masih berjalan dan ditangani penyidik Satnarkoba Polres Banjarbaru, sedangkan para tersangka sudah ditahan didalam sel tahanan sambil menunggu persidangan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel