Berita

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Turut Sambut Kedatangan Presiden RI dalam Rangka Meresmikan Bendungan Tapin Kalimantan Selatan  

Dibaca: 8 Oleh 19 Feb 2021Tidak ada komentar
Komandan Lanud Sjamsudin Noor Turut Sambut Kedatangan Presiden RI Dalam Rangka Meresmikan Bendungan Tapin Kalimantan Selatan  
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj S.Sos., turut menyambut kedatangan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, bertempat di Apron Lanud Sjamsudin Noor, Banjarmasin. Kamis (18/02/2021).

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beserta rombongan menggunakan pesawat BBJ2 A-001 dengan Kapten Pilot Letkol Pnb Sunar Adi Wibowo mendarat di Lanud Sjamsudin Noor pukul 09.58 WITA. Setibanya di Bumi Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, Presiden RI tersebut disambut langsung oleh Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Syafrizal ZA, diikuti  Pangdam VI/MLW Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, Danrem 101/Antasari Brigjend TNI Firmansyah dan para unsur FKPD Kalsel serta pejabat TNI/Polri Kalsel.

Selanjutnya, dengan menggunakan Helly Super Puma TNI AU NAS-332/H-3204, yang di Piloti oleh Mayor Pnb Dira, Presiden RI beserta rombongan terbatas melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tapin dalam rangka kunjungan kerjanya pada acara meresmikan sekaligus meninjau Bendungan Tapin yang berlokasi di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin sekaligus melakukan peninjauan relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan tersebut.

Bendungan Tapin yang dibangun sejak tahun 2015 lalu dan baru saja diresmikan tersebut memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air. Bendungan Tapin juga memiliki peran penting dalam mengendalikan banjir dan memperkuat ketahanan pangan sebab bisa memberikan pengairan untuk 5.472 hektar lahan di wilayah Kabupaten Tapin.

Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat menyediakan air baku untuk wilayah Kabupaten Tapin sebesar 500 liter per detik, mereduksi banjir sebesar 107 m3 per detik, konservasi air (ground water recharge), destinasi wisata di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, dan sumber air untuk PLTA sebesar 3,30 MW.

Setelah selesai menghadiri acara di Kabupaten Tapin Presiden RI beserta rombongan terbatas kembali ke Lanud Sjamsudin Noor dan langsung boarding ke pesawat BBJ2 A-001 untuk menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta yang tinggal landas pada pukul 14.02 WITA.

Dalam mendukung rangkaian kuker Presiden RI di Kalsel tersebut, selain Helly Super Puma TNI AU NAS-332/H-3204, turut pula mendukung Helly Super Puma TNI AU NAS-332/H-3205,  Helly Super Puma TNI AU NAS-332/H-3213 dan Helly Bell TNI AD 412/HA-5173.

Baca juga:  Perwira Muda RSAF Kunjungi Mabesau

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel