Berita

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Pimpin Langsung Operasi Pam Alki II

Dibaca: 28 Oleh 19 Des 2014Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Tamsil Gustari Malik memimpin langsung kegiatan Operasi Pengamanan ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) II, yang disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo, Senin (15/12).

Operasi pengamanan ALKI II dengan sandi Operasi Lintas Sakti dan Operasi Garda Wibawa yang dilaksanakan disekitar perairan ALKI II atau selat Makassar dan wilayah Ambalat, yang menggunakan pesawat Boeing 737 tail number AI-7303 Intai Strategis Skadron Udara 5 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin itu, juga disaksikan langsung Kasau Marsekal TNI I.B. Putu Dunia, Pangkoopsau II Marsda TNI Abdul Muis beserta rombongan.

Boeing 737 Intai Strategis yang dipiloti langsung Komandan Skadron Udara 5 Letkol Pnb Yoyon Kuscahyono itu, terbang dari Banjarmasin menuju Tarakan dengan melewati ALKI II dan wilayah Ambalat sebagai daerah operasi selama kurang lebih 2 jam di atas ketinggian 23.000 ft. Kali ini merupakan pengalaman pertama Presiden RI Joko Widodo, secara langsung terlibat dalam kegiatan operasi pengamanan alur laut kepulauan Indonesia. Komandan Lanud Sultan Hasanuddin sebagai Mission Commander memberikan beberapa penjelasan tentang kemampuan pesawat Boeing 737 Intai Strategis dan proses pelaksanaan operasi kepada Presiden selama penerbangan berlangsung. Kegiatan operasi tersebut didasarkan pada perintah operasi dari Komando atas, serta penerimaan data awal yang berasal dari Mabes TNI, Koopsau I/II, Armada, Kementerian Kemaritiman, Bakamladan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta data yang diperoleh dari instansi terkait lainnya.

Baca juga:  Mayor Tek Sudi Andojo Bangkit Dansathar 31

Selama kegiatan operasi dilaksanakan pengamatan dan pengintaian serta identifikasi target dengan menggunakan mission system yang terpasang di pesawat. Hasil perekaman target yang telah teridentifikasi, secara langsung dapat dikirim ke puskodal Koopsau atau unsur laut yang sedang beroperasi dengan menggunakan data link. Kemudian hasil operasi yang diterima secara real time dapat dianalisa secara langsung oleh pimpinan untuk dilakukan tindakan yang diperlukan.

Kegiatan operasi ini juga merupakan kegiatan operasi rutin yang dilaksanakan diseluruh wilayah kedaulatan RI, termasuk diwilayah ALKI I, II dan III sampai dengan ZEE, serta wilayah laut dan udara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti wilayah Ambalat. Selain dilakukan untuk pengamanan wilayah yurisdiksi nasional, operasi ini juga dilaksanakan karena masih maraknya kegiatan illegal fishing oleh ratusan kapal asing yang memasuki wilayah perairan Indonesia secara illegal, bahkan terakhir terungkap kegiatan illegal fishing di perairan Arafuru yang telah terdeteksi operasi pesawat Boeing 737 Intai Strategis Skadron Udara 5 pada 8 Desember lalu.

Bagi Skadron Udara 5, kehadiran Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan pada kegiatan operasi tersebut, tentunya memberi semangat baru dalam menjalankan tugas

Baca juga:  Pangkosek Hanudnas III buka TMMD Ke-90 di Kabupaten Karo Sumatera Utara

melaksanakan pengintaian udara strategis dan melaksanakan pengawasan/pengamatan ZEE di jalur lintas laut damai diseluruh wilayah perairan Indonesia. “Indonesia sebagai poros maritim dunia” menjadi doktrin dan gagasan pemerintah Joko Widodo saat ini, merupakan wujud semangat dan harapan para pemimpin untuk mengembalikan kejayaan Indonesia masa lalu sebagai negara maritim, “Adhirajasa Bumantara Bhaya Kara Samudra yang berarti anak lelaki tangguh penakluk angkasa penjaga samudera”.  (penhnd/2014).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel