Berita

Komandan Lanud Suryadarma Meresmikan Penggunaan Makolanud Baru

Dibaca: 13 Oleh 19 Des 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Tahyodi, S AP disaksikan Komandan Wingdik Tekkal, Kolonel Tek A Tavianta, SIP dan pejabat lainnya meresmikan penggunaan gedung Makolanud Suryadarma yang baru selesai direhab menjadi gedung Dua tingkat. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan dengan syukuran dan panjat doa bersama seluruh personel Lanud Suryadarma dan tamu undangan serta 40 orang anak yatim.

Dalam sambutannya Komandan mengharapkan dengan menempati gedung baru tersebut Lanud Suryadarma akan lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas, aman lancar dan selamat. “Alhamdulilah bersamaan dengan peresmian penggunaan gedung mako lanud ini saya bertugas genap satu tahun menjabat Komandan Lanud Suryadarma sejak 18/12 2013 ” tambah Dan Lanud.

Dikatakan Pangkalan TNI AU Suryadarma yang sebelumnya bernama Pangkalan TNI AU Kalijati sebagai Pangkalan Udara militer pertama di Indonesia, memiliki latar belakang sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Belanda dan pendudukan Tentara Jepang. Sejarah Pangkalan Udara Kalijati diawali tanggal 30 Mei 1914 ketika Belanda membangun satuan udara bernama PVA (Proef Vlieg Afdeling) yaitu Bagian Penerbangan Percobaan sebagai bagian dari Pasukan Belanda di Hindia Belanda bernama KNIL.

Baca juga:  Dan Lanud Abd Saleh Sandang Pangkat Bintang Satu

Sejak itulah lapangan terbang di Kalijati beroperasi, walaupun masih dalam taraf yang sangat sederhana yaitu lapangan terbang berupa rumput dan bangsal-bangsal dari bambu.

Menurut data yang ada, fasilitas dan bangunan selesai dinamgun pada tahun 1917 termasuk gedung markas Pangkalan, namun untuk Gedung markas lanud yang ditempati sekarang ini tercatat di bangun tahun 1962. Setelah digunakan selama 42 tahun sebagai Markas Komando Lanud Kalijati yang berubah nama sejak tanggal 7 September 2001 menjadi Lanud Suryadarma bangunan Mako baru direhab, tepatnya tahun 2004 saat Komandan Lanud dijabat Kolonel Pnb Djoko Setiono.

Perkembangan selanjutnya sejalan dengan perencanaan Lanud Suryadarma akan ditingkatkan menjadi Lanud Type A, Bangunan Mako Lanud di rehab total menjadi dua tingkat bangunan utama pada tahap pertama dan bangunan pendukung pada tahap dua. Rehab bangunan ini di mulai tanggal 16 Mei 2014 dan selesai tanggal 16 Nopember 2014 yang dilaksanakan oleh PT Citra Trana Saka.

Diharapkan dengan di mulainya penggunaan bangunan ini Lanud Suryadarma akan lebih maju lagi dan berhasil melaksanakan tugas sebagai Pangkalan Operasi di jajaran Koopsau I dan tidak lama lagi akan naik tingkat menjadi Pangkalan Udara Type A.

Baca juga:  Lanud Haluoleo Kirim 15 Ton Bantuan ke Palu

Sementara itu, Rabu (17/12) Komandan Lanud Suryadarma bersama seluruh pejabat dan personel Lanud menanam pohon di pelataran lanud dengan pohon mahoni dan pohon buah buahan dalam rangka hari belanegara dan cinta tanah air. Cinta Tanah Air salah satunya menanami tanah kosong dengan pepohonan, Kata Dan Lanud.

Menurut Kasi Fasin Lanud Suryadarma, Mayor Sus Hendro, ST target penanaman pohon sebanyak 1000 pohon, hasilnya nanti diharapkan lingkungan Lanud akan rindang, sejuk, indah dan menahan erosi serta bisa memanen buah-buahan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel