Berita

Komandan Lanud Sutan Sjahrir Cek Kesiapan Karya Bakti dan Bakti Sosial di Piobang Payakumbuh

By 22 Mar 2019 March 25th, 2019 No Comments
WhatsApp_Image_2019-03-23_at_21.28.42
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Komandan Lanud Sutan Sjahrir (Sut) Padang Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro mendatangi Nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota pada Jumat (22/3) pagi. Tanpa pengawalan ketat, kedatangan Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro disambut oleh Walinagari Piobang, Ketua dan Pengurus FKPPI Kabupaten Limapuluh Kota, sejumlah tokoh masyarakat serta puluhan prajurit Lanud Sutan Sjahrir.

“Kedatangan kami ke Piobang ini dalam rangka mengecek kesiapan Karya Bakti dan Bakti Sosial dalam rangka persiapan kunjungan Aspotdirga Kasau dan rombongan, serta bertepatan menjelang peringatan HUT TNI AU yang ke 73,” ucap Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro  yang didampingi Kapten Lek Purwanto dan Lettu Lek Hari Hargadi dari Spotdirga Lanud Sutan Sjahrir sebagai koordinator di lapangan.

Danlanud Sutan Sjahrir meninjau langsung kesiapan lokasi Karbak dan Baksos di Piobang yang akan dihadiri Aspotdirga Kasau Marsda TNI Iman Sudrajat S.E. dan rombongan dari Mabesau pada tanggal 28 Maret mendatang.  “Kita cek kesiapan dulu, sudah sejauh mana sampai sekarang,” ucap Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro.

Dijelaskan Alumi AAU 1996 itu, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Piobang nantinya.

“Kegiatan karya bakti berupa pendirian sebanyak 6 pos kamling untuk masyarakat dan 1 lapangan voli siap pakai. Kemudian, untuk kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako, pembagian kacamata baca serta pengobatan massal gratis,” terangnya lagi.

Dalam rangka memperingati hari jadi TNI AU ke-73 yang jatuh pada tanggal 9 april mendatang, kegiatan ini tidak hanya melibatkan prajurit Lanud Sutan Sjahrir saja melainkan turut melibatkan masyarakat, ormas serta petugas kesehatan lainnya.

“Ini bentuk wujud sinergitas TNI AU kepada masyarakat, pengabdian TNI AU pada umumnya dan Lanud Sutan Sjahrir pada khususnya, kepada masyarakat serta semua elemen kita libatkan,” kata Danlanud.

Ketika ditanya, mengapa dipilih Piobang sebagai salah satu rangkaian dalam memperingati Hari jadi TNI AU tahun ini, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro menjelaskan bahwa Piobang memiliki nilai historis terhadap TNI AU, yaitu berupa lapangan terbang di Nagari Piobang tersebut.

“Lapangan terbang di Piobang ini adalah sejarah bagi TNI AU juga bagi NKRI. Piobang dan TNI AU tidak bisa dipisahkan dan erat hubungannya. Saat ini, lapangan terbang Piobang tidak hanya dipakai untuk militer saja tetapi juga digunakan oleh masyarakat sehingga ada  manfaat bagi masyarakat. Memilih Piobang di Hari jadinya TNI AU ini adalah sebagai bentuk kedekatan kami dengan masyarakat Piobang dan serta untuk menjalin silaturahmi,”kata Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro.

Sementara, Walinagari Piobang Syaffan Nur turut bangga dijadikan daerahnya itu sebagai salah satu lokasi dalam pelaksanaan Karya Bakti dan Bakti Sosial, Syaffan Nur pun sudah mewanti-wanti masyarakatnya untuk aktif dan ikut saling membahu dalam menyukseskan kegiatan ini di Piobang. Apalagi, Nagari Piobang bakal didatangi oleh petinggi dari Markas Besar TNI AU di Jakarta.

“Ini adalah kebanggaan bagi kami masyarakat Piobang atas perhatian dari TNI AU. Kami pun siap membantu dalam menyukseskan kegiatan pembangunan di desa kami ini,” ucap Syaffan Nur.

 

Leave a Reply