TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Komandan Pusdiklat Hanudnas Hadiri Pencanangan Ori Difteri

By 05 Feb 2018Berita
2018-02-05-difteri

TNI AU. Bertempat di Taman Bungkul Surabaya Komandan Pusdiklathanudnas Kolonel PNB Mokh Mukhson, S.E., M.M menghadiri Pencanangan Outbreak Response Immunization (ORI) wujudkan Surabaya bebas Difteri dengan imunisasi, Jum’at (2/2).

Tujuan dilaksanakan Outbreak Response Immunization (ORI) difteri adalah untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap difteri secara cepat, memutuskan transmisi bakteri difteri dan menurunkan angka kesakitan difteri di kota Surabaya. ORI difteri akan dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun dimulai pada bulan Februari, Juli dan Desember diseluruh Puskesmas Induk, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Sekolah (Paud, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs) dan Perguruan Tinggi pada anak usia 1 tahun sampai dengan 19 tahun.

Kegiatan  Pencanangan Outbreak Response Immunization (ORI) didahului dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sambutan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, M.T. Dalam sambutannya secara lesan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, M.T. mengatakan bahwa pemberian imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat yang terbukti paling Cost Effective serta berdampak positif untuk mewujudkan derajat kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Imunisasi tidak hanya melindungi seorang tetapi juga masyarakat dengan memberikan perlindungan komunitas atau yang di sebut dengan Herd Immunity.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kasus Difteri masih banyak ditemukan di Indonesia dan khususnya Surabaya sampai dengan tanggal 31 Januari 2018 tercatat sudah ada 17 kasus difteri klinis dengan satu hasil laboratorium positif dan terjadi peningkatan besar 46,7% dibandingkan dengan bulan Desember 2017.  Untuk itu diperlukan upaya antisipasi menekan peningkatan dan penyebaran kasus difteri melalui Outbreak Response Immunization (ORI) difteri yang merupakan pemberian imunisasi secara menyeluruh kepada sasaran tertentu dilingkup wilayah yang ditentukan tanpa melihat status imunisasi sebelumnya, jelasnya.

Setelah sambutan dari Wali Kota selesai dilanjutkan dengan penekanan sirine sebagai tanda dimulainya Outbreak Response Immunization (ORI) difteri dengan memberikan imunisasi secara simbolis.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Komandan Pusdiklat Hanudnas Hadiri Pencanangan Ori Difteri