Berita

Komandan Satrad 242:  Kami Penjaga Kedaulatan Ujung Timur yang Tak Pernah Tidur

Oleh 15 Des 2018 No Comments
#TNIAU 

 

TNI AU.   Biak-Dispenau (14/12). Satuan Radar (Satrad) 242 Tanjung Warari di Biak “tidak pernah tidur” mengawasi dan menjaga kedaulatan NKRI di udara di ujung Timur Indonesia.

Tugas selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari dalam setahun senantiasa dilakukan sebagai bagian dari upaya menjaga wilayah pertahanan udara khususnya di timur Indonesia.

Hal ini ditegaskan Komandan Satuan Radar (Dansatrad) 242 Tanjung Warari Biak, Letkol Lek Eko Patra Teguh, S.T., saat menerima kunjungan para jurnalis peserta Press Tour Media Dirgantara 2018 Dispenau di aula Satrad 242 Tanjung Warari Biak, Jumat (14/12/2018).

“Satrad 242 menyiapkan satuan radar pertama yang dibangun di Papua dan dioperasionalkan sejak tahun 2005,” ujar Dansatrad.

Ditambahkan, radar yang dipasang di Satrad 242 merupakan radar jenis Master T yang memiliki kemampuan _Early Warning_ (EW) atau deteksi dini serta _Ground Control Interception_ (GCI) atau pengendalian pesawat tempur dalam misi penyergapan.

“Keistimewaannya adalah radar ini memiliki kemampuan tangkapan yang sangat detil, memiliki resolusi tinggi serta mampu membaca kontur guna menangkap sinyal objek,” jelas Dansatrad.

Baca juga:  23 Kendaraan Rantis Korpaskhas Kembali Dioperasionalkan

Dalam kesempatan ini, seluruh rombongan juga mendapatkan penjelasan mengenai tugas, fungsi serta hal-hal lain yang berkaitan dengan Satrad 242 yang disampaikan oleh Dansatrad 242.

Turut hadir dalam kunjungan ini Danlanud Manuhua Biak Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Tr (Han) serta para pejabat Dispenau.

Berita Terkait

Komentar