Berita

KOMPOS DI LANUD HUSEIN S.

Dibaca: 11 Oleh 27 Mei 2013Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sebanyak lima personel dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan dua personel Lanud Atang Sanjaya, Bogor , beberapa waktu lalu mengikuti pelatihan cara membuat pupuk kompos dari limbah sampah, di Lanud Husein Sastranegara.

Pelatihan selama dua hari ini dipimpin oleh Kapten Tek Ismu selaku pengurus pengolahan pembuatan pupuk kompos di Lanud Husein Sastranegara. Pelatihan diawali dengan materi pengenalan pembuatan pupuk kompos. Dalam pelatihan Kapten Ismu menjelaskan apa saja yang yang bisa dibuat kompos. Kapten Ismu mengatakan Pada prinsipnya semua bahan mahluk hidup yang berasal dari mahluk hidup atau bahan organik dapat dikomposkan. Seperti daun-daunan , pangkasan rumput, ranting dan sisa kayu dapat di komposkan, ungkapnya.

Lebih lanjut Kapten Ismu menyampaikan manfaat kompos, kompos dapat memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah, tanah yang keras akan menjadi lebih gembur . Tanah yang miskin akan menjadi subur.Tanaman yang diberi kompos tumbuh lebih subur dan kualitas panennya lebih baik daripada tanaman tanpa kompos.

Pelatihan dilanjutkan dengan praktek proses pembuatan kompos dengan alat komposter, alat yang berupa tabung besar ini merupakan tempat dimana kompos di proses. Dengan alat komposter dan diberikan aktivator atau inokulum atau biang kompos akan mempersingkat proses pembuatan pupuk kompos lebih cepat. Pembuatan pupuk kompos dengan alat komposter memakan waktu sekitar sepuluh hari sampai denga empat belas hari. Alat Komposter ini dalam pengolahan sampah tidak menyebabkan polusi bau sampah karena diberi juga bakteri pembusuk. Pupuk kompos ini merupakan pupuk penyubur tanaman yang ramah lingkungan, ujar Kapten Ismu.

Baca juga:  KOMPI D BS PASKHAS BERHASIL MEREBUT RADAR BURAEN

Diharapkan dengan pelatihan pembuatan pupuk kompos ini dapat diterapkan oleh para peserta disatuannya masing-masing sehingga dapat membantu pemerintah dalam problem mencari tempat pembuangan sampah saat ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel