Berita

KOMSOS TNI PEMBERDAYAAN WILAYAH PERTAHANAN DI BALI

Dibaca: 112 Oleh 15 Jun 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Ceramah Komsos (Komunkasi Sosial) TNI tentang Pemberdayaan Wilayah Pertahanan disampaikan oleh Kolonel Inf Drs Subroto dan Letkol Kav Alhamra dari Staf Teritorial Mabes TNI bekerja sama dengan Lanud Ngurah Rai dilaksanakan di gedung Aula Serba Guna Administrator Bandara Ngurah Rai, belum lama ini.

Dalam Sambutannya Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Ngurah Rai, Letnan Kolonel Penerbang Aldrin P. Mongan melaporkan kepada penceramah tim komsos  Ster Mabes TNI yang  hadir pada acara komsos ini sebanyak 125 orang, terdiri dari pejabat  TNI Segarnizun Denpasar  diantaranya  17 dari Kodam IX Udayana,  1 orang dari Lanal Denpasar,  15 orang dari Lanud Ngurah Rai, 1 orang dari anggota DPRD Kabupaten Badung , 4 orang dari Penglisir Puri ,  1 orang dari Putra Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, 10 orang dari Perguruan Tinggi,  20 orang dari Tokoh Masyarakat,  8 orang dari Forum Komunikasi Antar  Umat Beragama, 12 orang dari Komunitas Bandara, dari organisasi Kepemudaan diantaranya FKPPI 2 orang, KNPI 2 Orang, Menwa 2 orang, dari Pramuka Saka Dirgantara 12 orang, Bifa 2 orang, dari perhotelan 4 orang. 2 orang dari BIAC (Bali International Aero Club), 4 orang dari Perhimpunan Purnawirawan TNI AU, KBT terdiri dari Persit 2 orang, Jala senastri 1 orang,Pia Ardya Garini 8 orang.

Baca juga:  CASIS WARA LANUD MEDAN IKUTI SELEKSI MENTAL IDEOLOGI

Komandan lulusan AAU 1992 juga menyampaikan bahwa menyambut baik dilaksanakan Komunikasi Sosial TNI di Lanud Ngurah Rai yang merupakan salah satu program TNI bidang kemasyarakatan yang bersifat lintas sektoral dengan harapan seluruh elemen masyarakat dapat memahaminya  tentang eksistensi pemberdayaan wilayah pertahanan dengan tujuan untuk memperkuat serta mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan berwawasan kebangsaan dengan berdasarkan Pancasila, juga sekaligus meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat  disamping itu, Danlanud Ngurah Rai menekan Program Kegiatan Komsos TNI ini, juga merupakan perwujudan Jati Diri sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Kolonel Inf Drs Subroto dalam ceramah dan paparannya menyampaikan arti penting keberadaan Wilayah Pertahanan sesuai dengan  Perpang TNI No 27 / 2010 tanggal 14 April 2010 tentang Koter komando teritorial  terdiri dari TNI AD – Kodam s/d Koramil; TNI AL – Koarmada s/d Posal; dan TNI AU – Koopsau s/d Lanud Tipe D.

Setiap Angkatan mempunyai pembinaan wilayah teritoral masing-masing Angkatan Darat disebut dengan Binter, Angkatan Laut Binpotmar, Angkatan Udara Binpotdirga, beliau juga menyampaikan bahwa Sishankamrata (Sistim Pertahanan Rakyat Semesta) melibatkan semua elemen masyarakat.

Baca juga:  KEBERSAMAAN KUNCI KEBERHASILAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS

Dalam paparan tersebut banyak peserta komsos TNI yang bertanya diantaranya Gede Mustika Rana dari Veteran dan Dosen Kewiraan, Putra Jaya Pembantu Rektor III Universitas Warmadewa, Ida Bagus Sugiyana Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama,  I Wayan Mendra Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Badung,dan Petrus dari KNPI, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa.

Inti pertanyaan mereka mendukung keberadaan Komando Wilayah Pertahanan ini dan mereka juga menyarankan agar setiap warga Negara mempunyai tanggung jawab akan bela Negara, dari Purek III serta Petrus dari KNPI, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa juga menyampaikan untuk ikut melibatkan kembali mahasiswa Khususnya Menwa disetiap kegiatan TMMD dan Bakti TNI.

Kolonel Inf Drs Subroto menjawab pertanyaan dari para penanya sangat up to date, beliau sangat senang sekali karena ceramah yang disampaikannya ada feed back, dari peserta komsos TNI.

Setelah selesai ceramah komsos dilaksanakan penyerahan cendera mata dari Danlanud Ngurah Rai kepada Tim Komsos Ster Mabes TNI serta dilanjutkan foto bersama.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel