Berita

KOMUNITAS RETIC SOSIALISASIKAN ULAR KE LANUD PEKANBARU

Dibaca: 43 Oleh 20 Jan 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Guna memberikan pengetahuan serta meminimalisir korban gigitan ular di kawasan lanud pekanbaru serta memberikan pengetahuan bagaimana menangani ular dan mengerti jenis-jenis ular yang berbisa, Ketua Reptil dan Amphibi Community (Retic) Pekanbaru, Serma Dedi Cahyadiana yang juga merupakan anggota Sipri Lanud Pekanbaru, mengadakan sosialisasi kepada seluruh anggota di jajaran Lanud Pekanbaru yang dilaksanakan di GOR Andalan Lanud Pekanbaru setelah pelaksanaan apel pagi, Kamis (19/01).

Pada kesempatan tersebut Ketua Retic menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan karena adanya undangan khusus dari Lanud Pekanbaru yang dikarenakan masih banyaknya binatang melata yang hidup di sekitar kompleks Lanud Pekanbaru. Pada kegiatan tersebut, selain membawa sebanyak 16 jenis ular yang terdiri dari empat ular berbisa (venom) dan ular tak berbisa, anggota Retic juga memaparkan mengenai sifat serta jenis ular yang berbisa melalui in focus. “Kita ingin agar para peserta dapat mengerti jenis ular yang berbisa dan yang tidak berbisa sehingga dapat melakukan penanganan yang benar, ada banyak cara untuk menghindari kontak dengan ular bila sedang berada di ruang terbuka, satu diantaranya yakni menebarkan cairan yang berbau tajam, misalnya minyak tanah”. Selama ini ada asumsi garam akan mengusir ular, tetapi faktanya tidak, lanjut Serma Dedi.

Baca juga:  Ketua PIA Koopsau II Kunjungi Rumah Pintar Lanud Abd

Kepala Dinas Personel Lanud Pekanbaru, Letkol Adm Robert Simanjuntak berterimakasih kepada Retic karena telah membagi pengetahuan mengenai ular sehingga menambah wawasan para prajurit. Dengan kegiatan ini para prajurit semakin bijak menangani hewan melata tersebut. Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir jatuhnya korban karena ketidaktahuan mengenai ular. “Kita pernah kehilangan anggota kita karena digigit ular, Ia berharap dengan acara ini, tidak akan lagi ada peristiwa serupa yang menimpa prajurit khususnya di Lanud Pekanbaru.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut di sambut antusias oleh anggota Lanud Pekanbaru, terlihat dari seluruh anggota Lanud pekanbaru meyempatkan diri berfoto dengan memegang ular sanca batik yang memiliki panjang sekitar enam meter serta sanca albino yang memilik panjang sekitar empat meter.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel