Berita

Konsep Operasi Ground/Sea Based Air Defence Kohanudnas

Konsep Operasi Ground/sea Based Air Defence Kohanudnas
#TNIAU 

TNI AU. Kohanudnas menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Konsep operasi Ground/Sea Based Air Defence di Gedung Leo Wattimena, Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Kamis (1/8). FGD dibuka Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., dihadiri Kaskohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., Pangkosekhanudnas I, III dan IV, para pejabat Kohanudnas, undangan dari Mabesau, TNI AD, TNI AL, Tim dari Airnets, TDAS dan Thales.

Dalam sambutannya Pangkohanudnas menyampaikan, “Sebagai salah satu Komando Utama Operasional TNI, Kohanudnas memiliki tugas menyelenggarakan upaya penegakan hukum dan pengamanan wilayah udara nasional secara mandiri ataupun bekerjasama dengan komando utama operasional lainnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ditinjau dari wilayah operasi pertahanan udara, Kohanudnas telah menyusun wilayah Operasi Pertahanan  Udara (Hanud) Area, Hanud Terminal dan Hanud Titik, dimana tanggung jawab masing-masing ditentukan berdasarkan jarak jangkau alutsista yang digunakan. Hal ini mendorong Kohanudnas menyelenggarakan FGD guna mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki, mengindentifikasi seluruh permasalahan yang dihadapi sekaligus menentukan rencana pengembangan kekuatan dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas operasi pertahanan udara dengan menggunakan meriam darat /laut ke udara dan pengembangannya pada masa-masa mendatang,” tegasnya.

Sedangkan tujuan, dilaksanakannya FGD ini, untuk memperoleh data yang akurat terkait kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh satuan pelaksana operasi pertahanan udara khususnya dalam pelaksanaan Hanud Terminal dan Titik, sekaligus menghimpun data tentang kendala dan permasalahan yang senantiasa di hadapi dalam pelaksanaan tugas.

FGD kali ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, S.E., Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta Purwo K, S.T., dari Sops AL, Kolonel Arh Mokhamad Desi Aryanto dari Pussenarhanud, Letkol Pas Solihin dari Korpaskhas.  Bertindak sebagai moderator yaitu Kapopunas Letkol Pnb H.S. Romas, M.M.O.A.S.

Rangkaian FGD yaitu pemaparan materi oleh para pemapar, dilanjutkan diskusi dari para peserta.Diskusi berjalan cukup menarik karena adanya antusias peserta untuk mengetahui duduk permasalahan tentang konsep operasi Ground/Sea Based Air Defence Kohanudnas dan rencana pengembangannya di masa mendatang, khususnya dalam penggunaan kekuatan udara. FGD diakhiri dengan pemberian sertifikat dari Pangkohanudnas kepada para pemapar.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel