Save

Save

Save

Kolonel Nav. I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M.

KOMANDAN WING PENDIDIKAN UMUM

Lahir di Tabanan, Bali pada 24 September 1968. Diterima sebagai Calon Prajurit Taruna dan dilantik oleh Presiden RI sebagai Letda tahun 1992. Selanjutnya mengikuti pendidikan Seskoau pada tahun 2006. Sesko TNI tahun 2015. Dan pada tanggal 30 Juni 2017 dilantik sebagai Komandan Wing Pendidikan Umum sampai sekarang.

TUGAS POKOK WINGDIKUM

Sesuai Keputusan Kepala Staf TNI AU nomor : Kep/5/III/2004 tanggal 1 Maret tentang pokok-pokok organisasi dan prosedur Kotama Fungsional TNI AU, Wing Pendidikan Umum (Wingdikum) merupakan satuan pelaksana komando Pendidikan TNI AU (Kodikau) yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Kadikau. Tugas pokok Wingdikum adalah menyelenggarakan pendidikan non teknik bagi personel TNI AU baik Mileter maupun Pegawai Negeri sipil. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Wingdikum dibantu oleh 5 Skadron Pendidikan (Skadik) yang terdiri dari Skdik 501,502,203,504 dan 505 .

Dalam rangka pelaksaan tugas pokok tersebut, Wingdikum melaksanakan fungsi untuk menyelenggarakan Pendidikan non teknik, melaksanakan Pembinaan sumber daya manusia serta menyelanggarakan Pendidikan khusus lainya. Selain itu Wingdikum juga melaksanakan pengawasan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program Pendidikan dan juga yang tak kalah penting mengadakan koordinasi dan kerja sama dengan instansi terkait untuk mendukung kelancaran tugas.

Saat ini, Wingdikum di pimpin oleh seorang Komandan berpangkat Kolonel dan dalam pelaksaan tugas-tugasnya Danwingdikum di bantu oleh staf khusus dan tiga orang Kepala Dinas yang terdiri dari Dinas Koperasi Pendidikan, Dinas Personel dan Dinas Logistik staf khusus Komandan terdiri dari Pekas,Prograr,Pengandaan,sekretariat, Flightma,Ruops dan Pentak .

DINAS OPERASI PENDIDIKAN adalah Staf pembantu pimpinan dan staf pelaksana Wingdikum dalam menyelenggarakan, mengkoordinasikan, mengawasi, mengendsikan dan mengevaluasi kegiatan operasi Pendidikan dan keselamatan kerja .

DINAS PERSONEL adalah Staf pembantu pimpinan dan staf pelaksana Wingdikum dalam penyelenggaraan Pembinaan personel dan tenaga manusia .mengkordinasikan, mengawasi dan mengendalikan administrasi persinel baik staf, jajaran, tenaga pendidik maupun siswa. Mengkoordinasikan,mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan perawatan personel dalam bidang pangan, panggon, kaporlap, pembinaan mental serta jasmani.

DINAS LOGISTIK adalah Staf pelaksana Wngdikum dalam melaksanakan kegiatan bidang Logistik. Melakukan pengamatan secara terus-menerus terhadap Logistik/ inventaris satuan baik yang masih tersimpan maupun yang telah di alokasikan. Mengusulkan dan mengupayakan barang-barang kebutuhan manusia.

PEKAS adalah Staf pembantu pimpinan dalam bidang pengurusan pelayanan keuangan. Melaksanakan penerimaan dan penyimpanan uang kas dan bank, serta pembayaran kepada pihak ketiga atas dasar pengujian dokumen tagihan yang sah. Melaksanakan pembukuan keuangan dan pelaporan pengelolaan uang serta membuat pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

PROGAR adalah Staf pembantu pimpinan dalam bidang prencanaan program dan anggaran Wingdikum. Menyusun program dan aggaran Wingdikum berdasarkan program kerja dan anggaran kodikau. Mengawasi,mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan bidang program dan anggaran Wingdikum. Menyusun Rencana Pelaksanaan Kegiatan (Renlakgiat) sesuai ketentuan yang berlaku sebagai dasar untuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

PENGADAAN adalah staf pembantu pimpinan dalam pelaksanaan pengandaan materiil/jasa secara lokal untuk memenuhi kebutuhan wingdikum dan satuan yang ada dalam jajaran.

SEKRETARIAT adalah staf layanan Wingdikum yang bertugas meyelenggarakan kegiatan di bidang perseketariatan umum.menyelenggarakan surat menyurat, penggandaan,distribusi,dokumentasi,publikasi,dan ketatalaksanaan perkantoran di lingkungan Wingdikum.

FLIGHTMA adalah staf pelayanan Wingdikum yang bertugas melaksanakan pelayanan bagi markas Wingdikum.melaksanakan urusan dalam yang meliputi penegakan tata tertib,disiplin,tertib hukum serta pengamanan personel,intalasi dan pasilitas markas.melaksanakan pemeliharaan serta menjaga kesiapan kendaraan bermotor yang menjadi kekuatan Wingdikum.

RUOPS adalah staf pembantu pimpinan dalam membina ruang oprasi dan meyelenggarakan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan pendidikan dan pendukungnya.melaksanakan monitoring dan mencatat data mutakhir mengevaluasi kegiatan oprasi pendidikan dan pendukungnya.

PENTAK adalah staf pembantu pimpinan dalam menusahakan dan menyiapkan buku-buku inventaris yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengembangan kemampuan kesatuan.melaksanakan penerangan dan perpustakan.melaksanakan penerangan pasukan,penerangan umum,publikasi dan peyelelenggaraan perpustakaan.

Sedangkan peyelenggaraan pendidikan dilaksanakan di Skadik jajaran Wingdikum,yang terdiri dari skadik 501,502,503,504 dan 505.masing-masing Skadik dipimpin oleh seorang Komandan Skadik yang bertanggung jawab langsung kepada Danwingdikum.

VISI

Mewujudkan hasil didik personel TNI AU yang profesional, bermoral, kompeten, integritas dan disiplin yang tinggi dibidang non teknis yang memiliki sikap perilaku yang dilandasi jiwa Saptamarga dan Sumpah Prajurit serta memiliki kesemaptaan jasmani yang baik.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dibidang administrasi
  • Menyelenggarakan pendidikan dibidang bahasa inggris
  • Menyelenggarakan pendidikan dibidang kesehatan
  • Menyelenggarakan pendidikan dibidang dukungan operasi
  • Menyelenggarakan pendidikan dibidang khusus.

WINGDIKUM SAAT INI

Wing Pendidikan Umum adalah Satuan Pelaksana Komando Pendidikan Angkatan Udara yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan non teknik bagi personel TNI AU yang meliputi pendidikan dasar kecabangan, kualifikasi khusus, kursus dasar manajemen, pendidikan kejuruan Bintara/Tamtama dan pendidikan kejuruan PNS. Wing Pendidikan Umum dalam melaksanakan tugasnya selaku penyelenggara pendidikan bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang handal dan professional dalam bidang tugasnya.

Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan oleh Wing Pendidikan Umum menggunakan prinsip-prinsip pendidikan yang di gariskan oleh pimpinan TNI AU. Sebagai pelaksana pendidikan Wing Pendidikan Umum berperan cukup besar dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI AU khususnya dalam menghasilkan insan-insan prajurit profesional, bermoral, kompeten, integritas dan disiplin sesuai dengan bidang tugasnya.

Dalam melaksanakan tugasnya Wing Pendidikan Umum membawahi Skadron-skadron Pendidikan dan Sekolah-sekolah bahasa sebagai suatu jajarannya. Wing Pendidikan Umum menyelenggarakan fungsi-fungsi,yaitu :

a. Menyelenggarakan pendidikan non teknik

b. Menyelenggarakan pembinaan sumber daya.

c. Menyelenggarakan pembuatan rencana pengawasan serta evaluasi pelaksanaan program pendidikan.

Organisasi Wing Pendidikan Umum disusun sebagai berikut :

a. Eselon Pimpinan

Komandan Wing Pendidikan Umum.

b. Eselon Pembantu / Staf terdiri dari : Rung Operasi (Ruops), Penerangan dan Perpustakaan (Pentak), Program dan Anggaran,Pekas dan Gudang.

c. Eselon Pembantu Pimpinan / Pelak sana terdiri dari : Dinas Operasi (Disops),Dinas Personel (Dispers) DAN Dinas Logistik (Dislog).

d. Eselon Pelaksaan terdiri dari : Skadik 501,Skadik 502,Skadik 503,Skadik 504 dan Skadik 505.

Skadik 501

Skadik 501 Wingdikum bertugas menyelenggarakan pendidikan kejuruan dan keterampilan bidang adminstrasi,khusus dan dukungan operasi udara yang meliputi Pendidikan Sesarcab Adm,Sesarjemen,Intelud,Komputer (PDE),Hukum dan Pendidikan kecabangan PNS GOL III TNI angkatan udara yang bercirikan prajurit berjuang Sapta Marga,profesionalisme dan memilki kemampuan akademis serta mampu mengembangkan dirinya di masa mmendatang.

Skadron Pendidikan 501 Wingdikum Semula serta bernama Sekolah Guru berkedudukan di Lanud Halim Perdana Kusuma jakarta. Pada tahun 2000 Sekolah Guru Mileter diubah namanya menjadi Skdron Pendidikan 501. selanjutnya untuk lebih mengoptimalkan fungsi dan tugasnya dalam melasanakan pendidikan maka pada tahun 2004 Skadron Pendidikan 501 Wingdikum dipindahkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma jakarta ke Lanud Atang sendjaja Bogor.

SEJARAH WING PENDIDIKAN UMUM

Wing pendidikan umum adalah satuan pelaksana komando pendidikan angkatan udara yang mempunyai tugas pokok menyelanggarakan pendidikan non teknik bagi personel TNI AU yang meliputi pendidikan dasar kecabangan,kualifikasi khusus,dasar manajemen,pendidikan kejuruan Bintara/Tamtama dan pendidikan kejuruan Pns.wing pendidikan umum dalam melaksanakan tugasnya selaku penyelanggara pendidikan bertujuan untuk mnghasilkan peserta didik yang handal dan profesional dalam bidang tuganya .

Titik tolak berdirinya wing pendidikan umum tidak terlepas dari dimulainya kegiatan TNI AU yang ditandai dengan dibukanya sekolah penerbangan pertama di yogyakartapada tanggal 15 Nopember 1945 yang dirintis dan dipimpin oleh bapak Agustinus Adi Sucipto. Selain sekolah penerbangan tersebut kegiatan pendidikan di TNI AU pada masa itu dilaksanakan oleh kesatuan-kesatuan pendidikan angkatan udara yang berada di berbagai pankalan udara.

Sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan maka pada tanggal 15 Juli 1952 di bentuk sesuatu badan yang bertugas melaksanakan semua pendikan di lingkungan TNI AU. Badan tersebut dinamakan komando pendidikan yang mengkoordinasikan kesatuan-kesatuan pendidikan dalam meyelenggarakan kegiatan pendidikan.

Dengan adanya peryempurnaan organisasi dalam tubuh TNI Angkatan Udara maka organisasi pendidikan juga mengalami perubahan dan penyempurnaan baik pada susunan maupun tempat pelaksanaan pendidikan yang diwujudkan dalam wadah Wing Pendidikan. Pada tahun 1961 diresmikanlah Wing Pendidikan 1 di Wing Pendidikan yang lain seperti Wing Pendidikan 2 di Pangkalan Udara Sulaiman, Wing Pendidikan 3 di Pangkalan Udara Kalijati dan Wing Pendididkan 4 di Pangkalan Udara Adisoemarno.

Pendidikan di lingkungan TNI AU terus berkembang sesuai dengan perkembangan organisasi TNI AU. Penyempurnaan demi penyempurnaan terus di laksanakan untuk meningkatkan mutu pengetahuan dan teknologi. Guna meyesuaiakan diri dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai insan udara,maka pada tahun 1971 di ubah nama kesatuan-kesatuan pendidikan Skadron Pendidikan ( Skadik ).

Pada masa itu Komando Pendidikan Angkatan Udara ( Kodikau ) mempunyai 4 Wing Pendidikan yang tersebar berbagai Pangakalan Udara. Tiap-tiap Wing Pendidikan membawahi Skadron-skadron Pendidikan, tetapi ada Skadik Pendidikan dan Sekolah bahasa tidak bibawah Wing Pendidikan, melainkan bediri sendiri dan berada langsung dibawah Kodikau, yaitu :

1. Skadik 005 mencakup beberapa Sekolah antara lain Secapa administrasi Mileter dan Sekolah Bintara administrasi Keuangan

2. Skadik 007 yang semula berada di Lanud Kaliji pindah ke Lanud Atang Sandjaja,menyelanggarakan keigatan antara lian PLLU Meteo dan lainya

3. Sekolah Bahasa Inggris yang awal mulanya laboratorium Bahasa Inggris

Dalam rangka efiseinsi dan efektifitas penyelanggaraan Pendidikan dilimgkungan TNI AU maka didasarkan keputusan Kasau No : Kep/19/V/1978 tanggal 27 Mei 1978 dan Skep Danjen Kodikau No : Skep/159/VII/1978 tanggal 27 Juli 1978, diresmikan berdirinya Wing Pendidikan 5 yang bermakas di Lanuma Halim PerdanaKusuma.

Wing Pendidikan 5 membawahi Skadik 005, Skadik 007 dan Sekolah bahasa inggris yang berupa unit laboratium Bahasa Inggris . selanjutnya Skadik 005 berubah menjadi Skadik 501, Skadik 007 berubah menjadi 503 dan unit-unit laboratium ditingkatkan menjadi Skadik 502 . Skadik-skadik tersebut menyelanggarkan pendidikan sebagai beriktu :

1. Skadik 501, menyelanggarkan Pendidikan pemotretan udara,Sekolah guru Militer dan Sekolah Perwira Bekum .

2. Skadik 502 menyelanggarakan Sekolah bahasa inggris

3. Skdik 503 menyelanggarakan Pendidikan kejuruan-kejuruan Bintara Personel , Bintara Meto/ PLLU,Bintara seketariat,Bintara penerangan dan Bintara Keungan

Sehubungan dengan adannya reorganisasi di tubuh TNI AU, maka susunan organisasi dan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Pendidikan TNI AU mengalami perubahan, tetapi pada dasarnya tidak mengubah sistem dan pola Pendidikan TNI AU pada periode sebelumnya. Sesuai dengan intruksi Kasau Nomor:Ins/03/III/1985 Tanggal 11 maret 1985 tentang pelaksanaan Reorgenisasi TNI AU, maka perubahan-perubahan yang terjadi di jajaran Kodikau salah satunya adalah perubahan Wingdik 5 menjadi Wing Pendidikan Umum.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sangat mempengaruhi bagi dinamika pendidikan, termasuk organisasi Pendidikan TNI AU. Untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam mencatat kualitas hasil didik yang dapat dihandalkan dalam menghadapi tantangan tugas-tugas sekarang dan di masa mendatang. Maka di keluarkan Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Nomor:Kep/4III/1999 Tentang toko-toko organisasi dan Prosedur Komando Utama Fungsional Kodikau.

Sesuai keputusan tersebut maka terjadi perubahan-perubahan di jajaran Wing Pendidikan Umum, yaitu:

1. Sekolah Guru Militer (Segumil) menjadi skadik 501

2. Sekolah Kecabangan Perwira Umum (Secabpaum) menjadi skadik 502

3. Sekolah administrasi (Semin) menjadi skadik 503

4. Sekolah kesehatan (Sekkes) menjadi skadik 504

5. Sekolah bahasa menjadi skadik 505

Perkembangan selanjutnya untuk tercapai terlaksananya tugas pokok secara efektif dan efesien maka dikeluarkan Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Nomor:Kep/5/IV/2001 Tanggal 16 April 2001 tentang Pemindahan Kedudukan Markas Kodikau dari Surabaya ke Jakarta yang menempati markas Wing Pendidikan Umum di Jl. Raya Skadron Halim. Sementara waktu komplek perkantoran Mawingdikum di tempati oleh Makodikau maka kantor Mawingdikum pindah ke Skadik 503 Lanud Atang Sandjaja Bogor. Pelaksanan kegiatan Mawingdikum di Skadik 503 Lanud Atang Sandjaja berjalan selama lebih kurang 4 tahun. Pada tanggal 26 Januari 2005 Markas Wing Pendidikan Umum yang berlokasi di Jl. Raya Semplak Bogor diresmikan oleh Komandan Kodikau.

MANTAN KOMANDAN WING PENDIDIKAN UMUM

 


Letkol Pnb Soegiarto
1978-1979

Letkol Pnb
Bambang Soegeng
1979-1980

Letkol Pnb
Endi Rusgandi
1980-1983

Kolonel Pnb Tasrikin
1983-1985

Kolonel Pnb
Dicky Robert Pangau
1985-1987

Kolonel Pnb
IG Imam Basuki
1987-1989

Kolonel Pnb
E. Roesmana Sugita
1989-1990

Kolonel Pnb
Onne Yunus Leatemia
1990-1991

Kolonel Pnb
Suminar S. Sihotang
1991-1993

Kolonel Pnb
Alimunsiri Rappe
1993-1995

Kolonel Pnb
Teuku Syahril
1995-1996

Kolonel Pnb
Suminar Hadi
1996-1997

Kolonel Pnb
Al Ibnu Muryanto
1997-2000

Kolonel Pnb Djuabaidi
2000-2002

Kolonel Pnb Sukarto
2002-2004

Kolonel Pnb
Chaerudin Ray
2004-2005

Kolonel Pnb
Kusmayadi
2005-2006

Kolonel Pnb
Taufik Hidayat
2006-2008

Kolonel Pnb
Arif Ichwan, S.E
2008-2010

Kolonel Nav
Toto Boedihardjo, S.H
2010-2012

Kolonel Pnb Tatang
Harlyansyah, S.E
2012-2013

Kolonel Pnb
Arif Widianto
2013-sekarang

Save

Save

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *