Berita

Kontes Burung Berkicau di kebun Lanud Suryadarma

Dibaca: 28 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Bertempat di bawah Pohon Beringin yang rindang di kebun sebelum pintu masuk Pos I Lanud Suryadarma, Minggu (18/10) pagi-sore diadakan lomba burung berkicau Danlanud Suryadarma Cup I Se-Jawa Barat. Lomba terselenggara atas kerjasama antara Bird Mania Club Kalijati (BMCK) sebagai klub baru pecinta burung berkicau Kalijati yang diketuai Haji Agus dan Lanud Suryadarma dengan memperebutkan tropy, piagam, voucer dan uang pembinaan.

Acara diawali dengan laporan ketua Panitia penyelenggara Letkol Pnb M. Syafii yang mengharapkan juri lomba untuk menjunjung tinggi sportifitas.  Juga ditekankan kepada para peserta untuk mengendalikan diri selama perlombaan agar tidak terjadi pergesekan yang menjurus pada tindakan kekerasan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Danlanud Suryadarma Kol Pnb Widiantoro, MBA yang meresa bersyukur karena Lanud Suryadarma dapat menampung aktifitas positif masyarakat sekitarnya khususnya dalam perlombaan burung berkicau.  Ditambahkan lomba dikategorikan dalam empat kelas yaitu kelas jawara, eksklusive, megabintang dan bintang.   

Selanjutnya pengguntingan pita oleh Lektol Pnb M. Syafii menandai lokasi perlombaan yang disebut penggantangan burung resmi dibuka. Sebagai lomba pertama burung jenis Anis Merah kategori megabintang diikuti sekitar 50 peserta. Saat penjurian berlangsung, riuh-rendah pemilik burung di luar lokasi yang menyemangati burung miliknya agar berkicau dengan optimal. Juri menilai burung-burung mana yang bunyinya keras, memikili frekuensi dalam suaranya juga punya variasi dan fisik yang prima.   Setiap kategori setelah dinilai juri melalui penandaan beberapa warna bendera kecil di nomor peserta yang ada di bawah sangkar burung, kemudian bendera agak besar menandai para juaranya.  Peserta yang memperoleh juara 1-3 dapat langsung mengambil hadiahnya di tempat panitia. Sedangkan piala diberikan setelah seluruh rangkaian lomba diselesaikan.

Baca juga:   Lanud Sjamsudin Noor Ikuti Rangkaian Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 74 di Banjarmasin

Dalam lomba kicau burung Danlanud Suryadarma Cup I ini diikuti sekitar 8 jenis burung berkicau yaitu Anis Merah, Kenari, Muray, Pentet, Kacer, Cucak Ijo, Love bird dan Cucak Jenggot, dengan total 21 kelas lomba.  Peserta yang juara pada kelas jawara merupakan burung yang bernilai jual tinggi, sehingga lomba burung berkicau adalah sarana pemilik burung untuk mengadu suara guna memilih burung-burung yang paling berkualitas suara dan fisiknya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel