Berita

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2014 di Detasemen Raci Pasuruan

Dibaca: 29 Oleh 15 Okt 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Sebanyak 36 tim robot akan beradu kehebatan pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2014 yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan Kementerian Pendidikan Nasional di lapangan terbang aeromodelling Detasemen TNI Angkatan Udara Raci Pasuruan. Sabtu (11/10).

Dalam sambutan Danlanud Surabaya yang dibacakan oleh Kasi Binpotdirga Lanud Surabaya, Mayor Sus Arwani, S. Ag. menyampaikan bahwa dengan berkembangnya teknologi khususnya penguasaan teknologi kedirgantaraan yang sangat pesat ini, saya berharap kontes robot terbang Indonesia ini akan meningkatkan kreativitas bagi para pemuda Indonesia dalam penguasaan teknologi kedirgantaraan, maka dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa dan pelajar untuk terus mengembangkan teknologi sehingga kegiatan tersebut dapat menumbuh-kembangkan rasa persatuan, nasionalisme dan cinta kedirgantaraan pada mahasiswa dan masyarakat umum.

Peserta dibagi menjadi dua bagian. Sebagian ada yang presentasi, dan sebagian melakukan running test. Saat presentasi, juri akan menilai apa saja kemampuan pesawat. Dan keesokan harinya apa yang akan dipresentasikan akan dibuktikan.

Baca juga:  Lanud Abd. Saleh Gelar Lomba Senam Gema Mamere di Stadion Dirgantara  

KRTI 2014 dibagi menjadi lima kategori. Diantaranya perguruan tinggi fixed wing diikuti 13 tim, perguruan tinggi Rotary Wing 13 tim, kategori umum (hobbies dan profesional) fiked wings 4 tim, kategori umum rotary wing 3 tim, SMA SMK fixed wing 3 tim. Para peserta berasal dari perguruan tinggi dan sekolah negeri swasta di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kontes ini digelar selama tiga hari, 10 sampai dengan 12 Oktober 2014.

Juara I kategori perguruan tinggi jenis rotary wing diraih oleh Tim Bangau APTRG Universitas Telkom Bandung, juara II diraih oleh tim FLYRG dari Unesa. Untuk kategori umum jenis fixed wings, juara I diraih oleh tim Ababil APTRG dari Universitas Telkom Bandung, juara II oleh tim KN 7 Elangbiru dari STMIK Teknokrat Lampung. Sedangkan kategori umum jenis rotary wings, juara I diraih oleh tim X-1MLC Multirotor dari Lampung Club, juara II diraih oleh tim Bahjan APTRG Universitas Telkom Bandung. Sementara untuk kategori SMA/SMK jenis fixed wings, juara I diraih oleh tim SMAMDAUYE dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, juara II oleh tim DJ-01 dari SMKN 1 Way Pangubuan Lampung Tengah.

Baca juga:  Personel Kosek Hanudnas II Laksanakan Binsik Lari Siang

Tim Aksantara ITB meraih desain terbaik dan presentasi terbaik. Sedangkan sistem terbaik diraih oleh tim Gama Force 1 Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel