TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kontingen Garuda Rayakan HUT TNI Angkatan Udara Ke-71 Di Lebanon

By 12 Apr 2017 13:32Berita
IndonesianAF 1

Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda UNIFIL Lebanon merayakan HUT TNI Angkatan Udara ke-71 di Lebanon.

Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa S. memimpin upacara peringatan hari jadi ke-71 TNI Angkatan Udara di lapangan Soekarno Indobatt pada tanggal 10 April 2017. Dalam peringatan HUT TNI Angkatan Udara kali ini berlangsung berbeda karena dilaksanakan didaerah misi perdamaian PBB. Upacara dihadiri para Komandan Satgas TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda UNIFIL Lebanon.

Mayor Kal Adji Judhantoro selaku Komandan Upacara, Kapten Tek Julius selaku Perwira Upacara, para Danki dan Danton serta petugas upacara lainnya berasal dari prajurit TNI Angkatan Udara. Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Surya Wibawa S. selaku Inspektur Upacara menegaskan bahwa Kontingen Garuda meskipun terdiri dari beberapa matra namun tidak menjadikan penghalang untuk merayakan hari jadi Angkatan masing-masing secara bersama dan saling mendukung. Inspektur Upacara membacakan amanat dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahtjanto dengan tema “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional, TNI Angkatan Udara Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan adalah pertama-tama dan tahap utamanya adalah membangun jiwa. Mencermati hal tersebut, jiwa prajurit penjaga dirgantara bukan hanya pintar tapi harus dilandasi dengan jiwa ksatria, militan, loyal dan profesional sebagai jiwa Airmanship. Pintar tidak diimbangi dengan sifat ksatria tidak akan bertanggung jawab, pintar tanpa militansi akan mudah menyerah dan pintar tidak punya loyalitas akan menjadi disertir. Kehadiran kekuatan udara sesungguhnya bukan hanya sebagai deterrence power, melainkan memiliki nilai ekonomis, karena sesungguhnya, dimensi kedirgantaraan yang menjadi ruang pengabdian TNI Angkatan Udara.

Setelah kegiatan upacara selesai Komandan Kontingen Garuda memberikan nasi tumpeng kepada dua prajurit TNI Angkatan Udara yang paling muda. Walaupun dilaksanakan dengan sederhana namun tidak mengurangi makna dan arti dari upacara tersebut. Komandan Kontingen beserta para Komandan Satgas menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan prajurit-prajurit matra udara dan selanjutnya memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit Kontingen Garuda di Rubhall Indobatt.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto PIA Ardhya Garini Koopsau 1 Kodiklatau Korpaskhasau Berita Kotama
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontingen Garuda Rayakan HUT TNI Angkatan Udara Ke-71 Di Lebanon