Berita

Koopsau I Gelar Latihan Parasailing di Turi Beach, Batam

Koopsau I Gelar Latihan Parasailing di Turi Beach, Batam
#TNIAU 

TNI AU. Komando Operasi TNI AU I (Koopsau I), menggelar Latihan Parasailing di Turi, Beach, Batam. Latihan yang merupakan agenda tahunan Koopsau I ini, dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 1 hingga 3 November 2019.

Latihan Parasailing ini melibatkan penerbang pesawat tempur dari tiga Skadron Udara tempur di jajaran Koopsau I. Latihan dibuka langsung oleh Pangkoopsau I, Marsma TNI M. Khairil Lubis melalui upacara pembukaan yang berlangsung di Apron VIP Bandara Hang Nadim, Batam.

Dalam sambutannya, Panglima Koopsau I menyampaikan bahwa, latihan Parasailing merupakan simulasi dalam menghadapi kondisi emergency yang harus dilakukan oleh setiap penerbang tempur, apabila pesawat yang diawakinya tidak dapat dikendalikan karena berbagai faktor seperti kerusakan fatal pada pesawat atau tertembak oleh musuh.

Pada kondisi tersebut lanjut Pangkoopsau I, setiap penerbang harus melakukan Eject atau tindakan penyelamatan diri dengan menggunakan kursi lontar yang ada pada pesawat. Menurutnya, upaya tersebut merupakan keputusan dan langkah terakhir yang harus ditempuh oleh setiap penerbang tempur.

Latihan Parasailing tersebut menggunakan parasut yg ditarik oleh perahu motor dan merupakan sarana latihan yg paling aman dan efektif untuk melatih penerbang pesawat tempur saat melaksanakan Eject dari pesawat sehingga mampu mendarat di area perairan dengan selamat.

“Melalui latihan Parasailing ini, diharapkan profesionalisme penerbang di jajaran Koopsau I semakin meningkat sekaligus meningkatkan kepercayaan diri para penerbang tempur dalam melaksanakan setiap misi penerbangan,” demikian disampaikan Pangkoopsau I, Marsma TNI M. Khairil Lubis.

Kepada seluruh peserta latihan, Pangkoopsau I berharap agar mengikuti seluruh tahapan latihan dengan sungguh-sungguh dan tetap mengutamakan faktor keselamatan selama pelaksanaan latihan berlangsung.

Upacara pembukaan latihan Parasailing Koopsau I tahun 2019 ini, dihadiri oleh Kepala Staf Koopsau I, Marsma TNI Tedi Rizalihadi, Kepala Bakamla wilayah Barat, Wakil Walikota Batam dan segenap pejabat sipil, TNI dan Polri di wilayah Batam, Komandan Lanud Radja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang, Komandan Lanud Hang Nadim, Batam serta Para pejabat utama Makoopsau I.

Koopsau I Gelar Latihan Parasailing di Turi Beach, Batam

Koopsau I Gelar Latihan Parasailing di Turi Beach, Batam

Koopsau I Gelar Latihan Parasailing di Turi Beach, Batam

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel