Berita

Koopsau I Gelar Latihan Jalak Sakti 2011

Dibaca: 6 Oleh 18 Jul 2011Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Bertempat di Ruang Serbaguna Makoopsau I, Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo membuka Latihan Jalak Sakti 2011 (18/7). Latihan ini merupakan latihan puncak antar satuan yang dilaksanakan Koopsau I beserta jajaran.

Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo dalam sambutannya mengatakan latihan Jalak Sakti ini sangatlah penting bagi kita karena untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman yang terjadi, di wilayah tanggung jawab Koopsau I, yang diperkirakan sebagai daerah antara untuk menjangkau wilayah lainnya. Begitu juga untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan operasional satuan-satuan jajaran Koopsau I, serta untuk meningkatkan kemampuan Koopsau I dan Lanud-Lanud jajaran, serta unsur-unsurnya, dalam hubungan Komando dan Staf, terutama di dalam membuat perencanaan, dan pengendalian operasi.

Dalam latihan kali ini di skenariokan bahwa Negasor akan melaksanakan invasi ke Pulau Natuna pada awal tahun 200k dan tugas Koopsau I beserta jajaran adalah melaksanakan operasi udara guna menghancurkan dan menetralisir kekuatan udara musuh serta mendukung kotama operasi lainnya dengan melaksanakan operasi udara strategis, operasi dukungan udara dan operasi informasi mulai hari ”H” jam ”J” pada kurun waktu Juli 200k di wilayah Natuna untuk merebut kembali Lanud Ranai guna mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Pangkoopsau II Ikuti Pengarahan Menteri Dalam Negeri

Labih lanjut Pangkoopsau I berharap agar tahapan-tahapan dalam latihan, supaya dilaksanakan dengan teratur, bahkan skenario latihanpun diharapkan mirip seperti kondisi sesungguhnya. Untuk itu semua unsur yang terlibat di dalam latihan seperti Wasdal, Penilai, pelaku serta pendukung hendaklah bisa mengerti, memahami betul, hal apa yang harus dilaksanakan, pada saat latihan berlangsung, sehingga sasarannya bisa dicapai secara optimal.

Latihan Puncak antar satuan Koopsau I dengan sandi ”Jalak Sakti 2011” ini, meliputi Geladi Posko dan Manuver Lapangan, Gladi posko dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 18 s.d tanggal 19 Juli 2011 yang bertempat di Makoopsau I dan satuan jajaran yang dijadikan sebagai Satuan Pelaksana Operasi Udara (Satlakopsud) yang meliputi Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Atang Sanjaja Bogor, Lanud Pekanbaru, Lanud Supadio Pontianak dan Wing I Paskhas Jakarta. Sedangkan Manuver Lapangan akan dilaksanakan di AWR Buding Lanud Tanjung Pandan Bangkablitung mulai dari tanggal 22 s.d 27 Juli 2011.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel