Berita

Koopsau I Gelar Latihan Jalak Sakti 2015

Dibaca: 12 Oleh 03 Jun 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Latihan Jalak Sakti tahun 2015 Koopsau I dengan melibatkan pesawat-pesawat tempur TNI AU akan segera digelar. Pesawat angkut berat C-130 Hercules telah melakukan pergeseran amunisi dan personil pendukung latihan menuju Lanud Palembang selaku Satgaspur yang disusul pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pakanbaru serta Helicopter Colibri Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma telah tiba di Lanud Palembang stanbay SAR, Selasa (2/6) kemarin.

Setelah melakukan berbagai persiapannya, latihan tempur tingkat Kotama dengan sandi Jalak Sakti yang rutin dan terprogram, segera dilaksanakan dan rencananya akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan dimulai pada hari ini, Rabu (3/6).

Seperti disampaikan Komandan Lanud (Danlanud) Palembang, Letkol Pnb. M.R.Y. Fahlefie, S.Sos. psc. saat konferensi pers bahwa tujuan dari Latihan Jalak Sakti ini adalah untuk membina kesiapan tempur satuan-satuan tempur dibawah jajaran Koopsau I yang dilaksanakan secara rutin. Dan hasil dari latihan ini nantinya untuk mendukung operasi-operasi yang akan dilakukan oleh TNI maupun TNI AU. Latihan ini melibatkan beberapa Skadron Udara (Skadud) yaitu Skadud I Lanud Supadio, Pontianak dengan pesawat tempur Hawk 100/200 ditempatkan di home base-nya di Lanud Supadio, Pontianak, Skadud 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pakanbaru dengan pesawat tempur Hawk 100/200 ditempatkan di Lanud Palembang dan Skadud 16 Lanud Roesmin Nurjadin dengan pesawat tempur F.16 Fighting Falcon yang ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Sebagai target atau sasaran tembakan pada Latihan Jalak Sakti 2015 berada di Buding, Tanjungpandan (merupakan daerah sasaran khusus penembakan udara TNI AU).

Baca juga:  Lagi, Lanud Abd Saleh Menggelar Sosialisasi SMA Pradita Dirgantara di Blitar Jatim

Ditanya soal skenario latihan, dijawab Danskadud 12 Letkol Pnb. Jajang Setiawan bahwa skenario yang dilaksanakan adalah melakukan penyerangan di titik musuh dengan berbagai macam proses mekanisme latihan yang dilatihkan kemudian akan dimainkan sesuai skenario yang telah direncanakan oleh pimpinan, tegasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel