Berita

Koopsau I Gelar Latihan Kesiapsiaggaan Kotamaops TNI di Lanud Supadio

Dibaca: 5 Oleh 28 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Komandan Operasi TNI Angkatan Udara I (Koopsau I) sebagai Kotamaops TNI AU menggelar manuver lapangan Latihan Kesiapsiagaan Kotamaops TNI Tahun 2017 di Lanud Supadio. Latihan yang berlangsung selama dua hari dipusatkan di daerah kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. Sebelumnya telah dilaksanakan geladi mako yang digelar pada tanggal 24-26 Juli di Markas Koopsau I, Jakarta. Manuver lapangan diawali dengan apel gelar kesiapan latihan kesiapsiagaan operasional Koopsau I yang berlangsung di main Apron Lanud Supadio, Kamis (27/7).

Selaku pimpinan apel Komandan Pangkalan TNI AU Supadio Marsekal Pertama Minggit Tribowo, S.IP dan membacakan sambutan Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E.

Pangkoopsau I dalam sambutannya mengatakan latihan kesiapsiagaan operasional Koopsau I tahun 2017 bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan Kotama TNI AU dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan mekanisme kegiatan operasi udara secara tepat guna dan berhasil guna dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang diperkirakan terjadi.

“Selain itu latihan ini juga dimaksudkan sebagai sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel dan satuan jajaran Koopsau I beserta pendukungnya, khususnya dalam mengatasi gerakan separatis bersenjata dan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI,” kata Pangkoopsau I.

Baca juga:  Kolonel Pnb Hesly Paat, Resmi Naik Pangkat Menjadi Marsekal Pertama TNI

Pangkoopsau I menambahkan hal ini perlu dilatihkan, mengingat tugas yang diemban Koopsau I tidaklah ringan, yaitu untuk mencegah, menangkal dan menindak segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI seperti gerakan separatis bersenjata.

“Latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan operasional satuan-satuan jajaran Koopsau I dan untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman yang terjadi di wilayah tanggung jawab Koopsau I,” jelas Pangkoopsau I.

Turut hadir pada apel gelar latihan ini Dankodiklat TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, Danpuslat Kodiklat TNI selaku Dirlat Kodiklat TNI Marsma TNI T. Sembiring, Katimlai Brigjen TNI Awaluddin, S.E.,M.M, para pejabat dilingkungan Kodiklat TNI, Danwing 7 Lanud Supadio Kolonel Pnb M. Yani Amirullah, para Kadis dan Dansat serta segenap personel Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Batalyon 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas.

Dalam latihan kesiapsiagaan operasional Koopsau I ini mengusung tema Koopsau I beserta perkuatannya melaksanakan operasi udara guna mendukung operasi Kogas TNI lainnya untuk mengatasi gerakan separatis bersenjata dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Baca juga:  Danlanud Padang Buka Kejuaraan Gantole Dan Paralayang Porprov Sumbarke-13

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel